Sabtu, 21 Januari 2012

Dictionary of Physics Terms

1.      .Absolute mass of atom    : Massa mutlak atom;
a.       Massa 1 mol zat yang terdiri atas atom-atom suatu unsur dibagi dengan Bilangan Avogadro
2.      Ab                                     : Awalan yang digunakan dalam satuan cgs (electromagnet) Abampere = 10 amper ; Abcoulomb = 10 coulomb;Abfarad =109 farad Abvolt
a.       = 10-8 volt
3.      Absorption coefficient      : Koefisien serapan;
a.       Tetapan kesebandingan antara fraksi partikel yang terserap dan tebal medium yang dilalui berkas partikel itu,

4.      Absorption spectra (Spektrum serapan) : Gejala yang melukiskan bahwa apabila cahaya melalui suatu unsur dalam fase gas, maka beberapa panjang gelombangnya diserap lebih kuat dari pada yang lain.
5.      Absorptivity Absorptivitas [keterserapan]: Bagian [fraksi] radiasi berpanjang gelombang l yang mengenai suatu objek, yang diserap oleh objek tersebut
6.      Activation energy Energi aktivasi: Energi ekstra di atas energi keadaan dasar yang harus ditambahkan pada sistem atom atau molekul untuk memungkinkan terjadinya suatu proses tertentu.
7.      Adhesion Adhesi              : berarti gaya tarik menarik atau daya mengumpul antara molekulmolekul dari zat-zat yang tidak sejenis.
8.      Aerosol                              : Partikel kecil, cair atau padat, yang berada di udara. Berasal dari debu, sisa pembakaran, erupsi gunung api, dan proses alam lainnya. Partikel ini berperan sebagai inti pada kondensasi titik-titik air, kristal air, dan secara langsung berpengaruh terhadap keseimbangan radiasi.
9.      albedo Whiteness (kecerahan) : Merupakan ukuran sifat pemantulan suatu permukaan. Fraksi radiasi gelombang elektromagnetik yang dipantulkan oleh benda langit, planet, bintang, atau awan. Albedo40%, artinya cahaya datang pada suatu permukaan 40% nya dipantulkan.
10.  Aldebaran                                     : Sebuah bintang raksasa merah, paling cemerlang dalam rasi Taurus. Jaraknya 65 tahun cahaya, dan garis tengahnya 36 kali matahari.
11.  Algol                                 : Disebut juga Beta Persei. Sebuah bintang pasangan pemudar yang jaraknya 82 tahun cahaya, terletak pada rasi Perseus. Algol sedikit menyuram setiap 2,87 hari karena terhalang oleh bintang pasangannya yang lebih suram. Variasi kecerlangan Algol ditemukan dan dijelaskan di tahun 1782 oleh ahli astronomi amatir Inggris, John Goodricke (1764-86).
12.  Allowed transition (Transisi terizin) : Transisi antara dua keadaan sistem kuantum yang dibolehkan oleh kaidah seleksi dan karena itu mempunyai peluang (kebolehjadian) yang tinggi.
13.  Alloy                                 : Campuran bahan logam yang dibuat dengan cara mencampurkan dua atau lebih macam logam ,bahan tersebut sering digunakan dalam peralatan listrik.
14.  Alnico                               : Alniko ,logam yang terdiri dari bahan alumunium ( Al) , nikel(Ni) dan kobal (Co)serta dicampur dengan besi . Bahan tersebut biasanya digunakan untuk membuat magnet permanen.
15.  alpha centauri                    : Bintang terdekat setelah matahari, berjarak 4,3 tahun cahaya. Paling cemerlang dalam rasi Centaurus, dan ketiga paling cemerlang di langit. Sebenarnya terdiri dari tiga bintang yang saling berhubungan karena gravitasi, walaupun dengan mata telanjang nampak seperti satu bintang.
16.  Alpha degeneracy in Hydrogen : Degenerasi alpha dalam atom Hidrogen; Degenerasi dalam spektrum atom hidrogen yang disebabkan oleh struktur halus, dengan tetapan a
17.  Alpha particle scattering   : Hamburan partikel alpha; [lihat hamburan Coulomb]; Penyimpangan berkas partikel alpha, yang menembus suatu permukaan bahan, dengan berbagai sudut.
18.  Alternate                           : Bertukar tukar
a.       1.Alternating current:lihat current
b.      2.Alternator =alternator; alat untuk menghasilkan arus bolak balik.
19.  Amber                               : Amber; fosil yang berasal dari tumbuhan,berwarna kuning kecoklat coklatan . Bahan tersebut mudah menjaghasilkan listrik statis dengan gosokan. Bahasa latin untuk amber adalah electrum.
20.  Ampere                             : Amper , satuan dasar untuk arus listrik ( 1 Amp. = 1Coulomb / detik ) 1.Ammeter = Ammeter ; alat untuk mengukur besarnya arus listrik.Alat tersebut dalam penggunaannya dipasang seri pada cabang rangkaina yang akan diukur 2.Amper's law = hukum Amper ;hukum Amper yang menghubungkan besarnya medan magnet dengan arus;dalam bentuk diferensial ditulis
21.  Amplififier                        : Amplifier , piranti dalam elektronika untuk menaikan daya.
22.  Amplitude                         : simpangan terbesar dari suatu getaran
23.  Andromeda                       : Galaksi tipe spiral, berjarak 700.000 parsec dari matahari.
24.  Angle                                : Sudut
25.  anguler velocity                 : kecepatan sudut yang berarti Sudut yang ditempuh pada tiap satu satuan waktu.
26.  Angular momentum quantization : Kuantisasi momentum sudut; Batasan besarnya momentum sudut yang teramati yang terkait pada sustu sistem fisis, seperti atom, molekul atau partikel elementer, pada suatu himpunan nilai yang diskret.
27.  Angular wave function     : Fungsi gelombang sudut;Fungsi gelombang yang merupakan penyelesaian dari operator momentum sudut atau komponen angular dari operator Laplace
28.  Anion                                : ion yang bermuatan negatip
29.  Anisotropic medium         : medium tidak isotrpik ; Karakteristik medium yang berubah sifatnya bila arah pengukurannya dirubah .
30.  Annihilation operator        : Operator anihilasi;
31.  Anode                               : kutub positip dalam pada piranti listrik . Dalam elektrokimia,ion negatif bergerak ke arah anoda. 1.Anode ray: sinar anoda;sinar yang dipancarkan dari anoda yang dipanaskan dan bermuatan positip.
32.  Antares                              : Sebuah bintang raksasa merah yang terletak di rasi Scorpio. Garis
33.  tengahnya 300 kali matahari. Cahayanya setara dengan 5000
34.  Matahari, berjarak 430 tahun cahaya.
35.  Antisymmetric wave function : Fungsi Gelombang antisimetrik; Fungsi gelombang partikel banyak yang berubah tandanya bila koordinat dua partikel di antara partikel-partikel tersebut dipertukarkan, dan melukiskan sistem fermion yang tunduk pada asas larangan Pauli
36.  . aphelion                           : Titik garis edar terjauh dari matahari yang dicapai oleh suatu planet atau benda langit lainnya. Kebalikan aphelion adalah perihelion
37.  Aquarius                            : Pembawa Air. Sebuah rasi zodiak yang terletak di daerah katulistiwa langit. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Februari hingga pertengahan April.

38.  Arcturus                            : Gembala. Sebuah bintang raksasa merah bergaris tengah 27 kali
39.  matahari, terletak pada rasi Bootes di belahan langit Utara.
40.  Area                                  : Daerah, bagian dari suatu tempat.
41.  Armatur                             : bagian dari generator motor listrik yang berputar
42.  Convection current           : arus konveksi;  Aliran partikel-partikel bermuatan listrik di
43.  Astenosfer
44.  Ascensiorecta                    : Kenaikan tegak. Koordinat langit, setara dengan garis bujur di Bumi. Diukur dengan jam, menit dan detik, dari 00:00 hingga 24:00. Titik pangkal Aacensiorecta di equinox saat matahari bergerak ke utara. Ini menandai awal vernal equinox, ketika matahari melewati rasi Pisces.
45.  Associated Legendre function : Fungsi Legendre terasosiasi; Bentuk dari persamaan Schrodinger untuk atom hidrogen
46.  Astenosfer                         : Material encer pada mantel atas dibawah litosfer, kedalamannya antara 100 km sampai 350 km. Batuan pada daerah ini mudah deformasi, secara seimik termasuk daerah dengan kecepatan rendah.
47.  Asteroid                            : Disebut juga sebagai planet minor. Sekumpulan benda langit berukuran kecil dengan bentuk tidak beraturan yang mengedari matahari. Orbit asteroid umumnya berada di antara orbit planet Mars dan Jupiter. Beberapa asteroid memiliki orbit yang menyimpang sehingga dapat memotong orbit Bumi. Asteroid semacam ini digolongkan sebagai Near Earth Asteroid (NEA).
48.  Atom                                 : unit terkecil pembentuk elemen kimia.Terdiri dari inti dan dikelilingi awan electron. 1.Atomic bond : ikatan atom ,ikatan yang terjadi antara atom dan dibentuk oleh pasangan elektron dari atom atom tersebut. 2.Atomic charge : muatan atom , dan besarnya sama dengan jumlah selisih elektron dengan keadaan normalnya dari suatu atom.
49.  Atom radius                      : Ruji atom; Separuh jarak jangkauan terdekat dua atom sejenis yang tidak saling terikat
50.  Atomic constant                : Tetapan atom; Tetapan-tetapan fisika yang memainkan peranan dasar dalam fisika atom, yang meliputi muatan elektron, massa elektron, kelajuan cahaya, bilangan avogadro, dan tetapan Planck
51.  Atomic groundstate          : Keadaan dasar atom [atomic unexcited state = keadaan tidak tereksitasi];Keadaan dengan energi terendah yang dapat dimiliki oleh suatu atom
52.  Atomic mass                     : Massa atom; Massa atom netral yang biasanya diungkapkan dalam u, yaitu sma(satuan massa atom)
53.  Atomic mass unit  : Satuan massa atom; Satuan yang didefinisikan secara sebarang dan dipakai untuk menyatakan massa atom; standarnya adalah satuan massa yang sama dengan 1/12 massa atom C-12; disingkat sma.
54.  Atomic model                   : Model Atom; Model yang mengungkapkan struktur atom yang terdiri atas inti yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif sebagai unsure-unsur dasar
55.  Atomic model of Bohr      : Model atom Bohr; Model struktur atom yang mempostulatkan elektron bergerak di dalam medan Coulomb dalam salah satu dari orbit-orbit lingkaran diskret tertentu sekitar suatu inti yang positif, dengan pancaran atau serapan radiasi EM yang menyertai transisi elektron di antara orbit terizinkan.
56.  Atomic model of Rutherford : Model atom Rutherford; Model Struktur atom yang menyatakan bahwa hampir semua massa atom terkonsentrasi di dalam inti yang kecil, sedangkan elektronelektron yang mengitari inti itu mengisi hampir semua volume atom, dan muatan positif pada inti sama dengan muatan negatif elektron
57.  Atomic nucleas                 : Inti Atom; Bagian atom paling rapat (masif) yang mempunyai muatan positif sebesar Ze; Z = nomor atom unsur dan e = muatan elektron
58.  Atomic number                 : Nomor atom; Cacah proton di dalam inti atom, lambangnya Z, juga disebut bilangan proton (proton number)
59.  Atomic transition  : Transisi atom [peralihan atom];Perubahan keadaan kuantum suatu atom dari satu tingkat (aras) energi ke tingkat (aras) yang lain
60.  Atomic weight                  : Bobot atom; Massa atom yang didasarkan pada nilai massa 12 yang ditetapkan untuk atom karbon (C-12), disebut juga massa atom relatif (relative mass of atom)
61.  Attract                               : berarti menarit, tarik menarik atau saling tarik.
62.  AU                                    : Astronomical Unit/Satuan Astronomi. Satuan jarak dalam astronomi, didefinisikan sebagai jarak rata-rata Bumi-Matahari. 1 AU =1,49597870691 × 1011 m.
63.  Auger effect                      : Efek Auger; Transisi tanpa radiasi atom dari suatu tingkat elektronik diskret ke tingkat yang lebih tinggi sambil melepaskan elektron
64.  Aurora                               : Pancaran cahaya yang kuat di atmosfer bagian atas, dihasilkan karena partikel bermuatan dari luar angkasa yang terperangkap oleh medan magnet bumi.
65.  Avogadro’s hypothesis     : Hipotesis Avogadro; Volume yang sama dari semua gas diukur pada tekanan dan suhu yang sama mengandung cacah molekul yang sama; atau Volume yang dihuni oleh satu mol gas pada tekanan dan suhu tertentu adalah sama untuk semua gas [yaitu 22,4 x 10-3 m3 pada suhu dan tekanan baku]
66.  Axis                                   : Sumbu, bentuk jamaknya adalah Axes .
67.  Azimuth                            : Arah horizontal pada permukaan bumi, diukur dari utara ke arah timur.
68.  Backward              :  ke arah belakang
69.  Balance                             : Sebagai kb berarti neraca, keseimbangan, dan sebagai kk berarti seimbang, membuat seimbang.
70.  Balmer formula                 : Rumus Balmer; Rumus yang menyatakan bilangan gelombang foton yang dipancarkan dalam perpindahan dari tingkat yang lebih tinggi, ke tingkat k.
71.  Bar                                                : 1. Batang, 2. Bar, satuan tekanan yang besarnya sama dengan 105 N/m2.
72.  Base                                  : 1. Sebagai kb arti umumnya : dasar, alas. Sebagai kk berarti berdasarkan atau mendasarkan. 2. Dalam elektronika berarti bagian dari transistor yang menghubungkan collector dan emitor , dan biasanya terletak di antara keduanya.
73.  Batteries                            : Batre ;Alat yang memanfaatkan energi kimia untuk menghasilkan beda potensial pada ujung ujung terminalnya                              
74.  Batuan                               : Rock. Campuran dari beberapa mineral.
75.  Beam                                 :  1. Batang. 2. Berkas sinar, berkas radiasi, atau sekelompok partikel yang bergerak dalam arah tertentu
76.  Beta particle                      : Partikel beta ; Elektron negatip atau elektron positip (positron) yang dipancarkan dari sebuah inti yang meluruh
77.  Betelgeuse                         : Sebuah bintang super raksasa merah yang menandai bahu kanan rasi Orion. Betelgeuse sedemikian besarnya sehingga ia labil. Garis tengahnya berubah tak beraturan antara 300 sampai 400 kali Matahari sambil berubah pula kecerlangannya. Jaraknya 650 tahun cahaya.
78.  Bimasakti                          : Nama galaksi dimana Matahari dan tata surya kita berada. Merupakan galaksi spiral beranggotakan sekitar 100 milyar bintang. Garis tengahnya sekitar 100.000 tahun cahaya. Dilihat dari Bumi, sisi Bimasakti membentuk suatu pita cahaya samar membentang di langit pada malam hari. Pita cahaya ini terdiri atas bintang-bintang yang sedemikian jauhnya dalam galaksi kita, sehingga tidak nampak satu per satu
79.  Binary Star                        : bintang ganda. Merupakan sepasang bintang yang dihubungkan oleh gravitasi. Sebagian besar tampak sebagai bintang tunggal oleh mata telanjang, tetapi dapat terlihat terpisah dengan teleskop. Beberapa diantaranya begitu saling dekat sehingga keberadaan pasangan hanya dapat disimpulkan dari analisa cahaya gabungannya. Dalam beberapa pasangan, bintangnya secara berkala saling menghalangi
80.  Bintang neutron                : Bintang padat kecil yang diperkirakan menandai titik ajal evolusi bintang yang lebih besar dari matahari. Bergaris tengah hanya 15 km, tetapi ia banyak mengandung materi sebanyak matahari. Materi itu termampatkan sedemikian padatnya sehingga sesendok bahan bintang neutron berbobot milyaran ton.
81.  Bintang ubah                     : Variable star. Bintang yang cahayanya berubah-rubah. Beberapa bintang tipe ini ukurannya berubah seperti Variabel Cepheid, yang lainnya merupakan bintang ganda dekat yang secara berkala saling menghalangi (pasangan pemudar).
82.  Bintik matahari                 : Sun spot. Salah satu fenomena di matahari, berupa daerah yang relatif lebih gelap dari sekitarnya, pada fotosfera. Tampak suram dibandingkan dengan sekelilingnya yang lebih cemerlang, suhunya sekitar 4.500º C. Bintik matahari disebabkan medan-medan magnet di Matahari yang menghalau aliran panas melalui fotosfera, sehingga menimbulkan bintik.
83.  Biot-Savart Law               : Hukum Biot-Savart ; hukum ini dikemukakan oleh Jean Baptiste Biot dan Felix Savart ( 1820 ) yang menyatakan besarnya medan magnet di suatu titik yang jauhnya r dari aliran arus listrik adalah
84.  Black Body                       : Benda hitam; Permukaan yang menyerap seluruh radiasi yang menimpanya; dengan kata lain permukaan dengan absortivitas sama dengan satu
85.  Black body radiation        : Radiasi benda hitam; Energi radiasi yang dipancarkan suatu benda hitam pada suhu tertentu, ini terjadi pada laju yang diungkapkan oleh hukum Stefan- Boltzmann, dan dengan distribusi energi spektrum menurut persamaan ; PlanckHukum Radiasi Benda Hitam; Distribusi spektral radiasi benda hitam hanya tergantung pada suhu benda hitam itu dan tidak tergantung pada bentuknya, dan panjang gelombang intensitas pancaran maksimumnya berbanding terbalik dengan suhunya, yaitu
86.  Bohr atom                         : Atom Bohr; Model atom dengan struktur menurut postulat dalam teori Bohr
87.  Bohr Magneton                 : Magneton Bohr; Nilai he/4 mc dari momen dwikutub magnetik elektron yang mengelilingi inti atom Bohr; h = tetapan Planck, e = muatan elektron, m = massa elektron, dan c = kelajuan cahaya
88.  Bohr postulates                 : Postulat Bohr; Torsi Coulomb pada gerak lintasan elektron yang memberi percepatan sentripetal yang diperlukan untuk terjadinya orbit lingkaran yang mantap 2 Orbit yang diizinkan hanyalah yang momentum sudut elektronnya. sama dengan kelipatan bulat h/2 Elektron yang bergerak dalam salah satu orbit mantap tidak memancarkan radiasi Pancaran atau serapan radiasi hanya terjadi bila elektron berpindah dari satu orbit ke orbit yang lain
89.  Boltzmann Constant         : Konstanta Boltzmann
90.  Boltzmann Distribution    : Distribusi Boltzmann; Fungsi yang memberikan kebolehjadian bagi suatu molekul gas dalam kesetimbangan termal untuk mempunyai koordinat-koordinat momentum dan kedudukan umum di dalam jangkau nilai infinitesimal tertentu, dengan pengandaian bahwa molekul itu memenuhi mekanika klasik
91.  Bose-Einstein Distribution : Distribusi Bose-Einstein; [Distribusi Bose = Bose Distribution]; Fungsi yang menyatakan cacah partikel di dalam setiap keadaan energi terizinkan, untuk kumpulan boson bebas, seperti foton atau atom helium-4
92.  Bose-Einstein Statistic      : Statistika Bose-Einstein; Mekanika statistik suatu sistem partikel tak terbedakan yang di dalamnya tidak ada pembatasan atas cacah partikel yang boleh berada di dalam keadaan yang sama secara serentak
93.  Bound Charge                   : Muatan terikat : Muatan listrik yang terikat pada atom atom bahan konduktor , muatan tersebut tidak akan terlepas dari bahan konduktor ketika konduktor tersebut dibumikan.
94.  Bound state                       : Keadaan terikat; Nisbah antara tetapan gas semesta dan bilangan Avogadro, diberi lambang k dan besarnya sama dengan 1,380662 ´ 10-23 J/K Keadaan ion molekul hidrogen, dengan jarak antara kedua intinya sedemikian rupa sehingga energi total (energi ikat dan energi tolak) bernilai minimum
95.  Brackett Series                  : Deret Brackett; Kelompok garis dalam spektrum inframerah atom hidrogen
96.  Bragg rule                         : Kaidah Bragg; [kaidah bragg-kleeman = bragg-kleeman rule];Kaidah empiris yang menyatakan bahwa daya penghenti massa suatu unsur terhadap partikel alpha berbanding terbalik dengan akar bobot atom unsur ituHamburan Bragg; [difraksi bragg = bragg difraction; pantulan bragg = bragg reflection];
97.  Bragg Scattering               : Hamburan sinar X atau neutron oleh atom-atom berjarak tetap di dalam kristal sedemikian rupa, sehingga interferensi konstruktif hanya muncul pada sudut-sudut tertentu yang disebut sudut braggHukum Bragg; [persamaan Bragg = bragg equation; hukum bravais = bravais law; hukum pantulan bragg = law of bragg reflection];
98.  Bragg’s Law                     : Pernyataan yang menyatakan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh kristal agar memantulkan berkas sinar X dengan intensitas maksimum Fungsi Brillouin;
99.  Bremsstrahlung                 : Radiasi yang dipancarkan oleh elektron yang mengalami percepatan dalam interaksi dengan inti suatu atom
100.          Buoyancy                                : Daya (kemampuan) untuk mengapung. Ks yang bersangkutan : buoyant yang berarti : bersangkutan dengan keadaan terapung. Contohnya : buoyant force yang istilah padanannya gaya apung, berarti gaya ke atas yang disebabkan oleh fluida dan dialami oleh benda yang berada di dalam fluida tersebu
101.          Calibrate                                  : Menera. Kb yang bersangkutan adalah calibration yang istilah padanannya adalah kalibrasi dan berarti peneraan
102.          Cancer                         : Kepiting. Rasi zodiak yang terletak di belahan langit utara. Matahari melewati rasi ini dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus. Cancer adalah rasi zodiak paling samar, tanpa bintang cemerlang. Ciri yang paling menarik adalah kelompok bintang Praesepe, disebut sebagai sarang lebah, sejauh 520 tahun cahaya
103.          Canopus                                  : Bintang cemerlang kedua di langit malam. Letaknya sejauh 119 tahun cahaya dalam rasi Carina (kerangka kapal), di belahan langit Selatan. Canopus merupakan bintang raksasa kuning, 25 kali garis tengah Matahari. Wahana antariksa menggunakannya sebagai bintang navigasi.

104.          Capacitor                     : Kapasitor 1) Piranti yang dunakan untuk menyimpan energi listrik . 2) Piranti yang terdiri dari dua buah permukaan konduktor yang dipisahkan oleh bahan dielektrik dan konduktor tersebut digunakan untuk menyimpan muatan ,sistimnya disebut sistim kapasitip , kapasitip yang dibuat agar mempunyai harga tertentu disebut kapasitor
105.          Capella                        : Bintang paling cemerlang dalam rasi Auriga (Pengendara Kereta Perang), rasi di belahan langit Utara. Capella merupakan bintang ganda, terdiri atas dua bagian yang saling edar setiap 104 hari. Jaraknya 45 tahun cahaya
106.          Capillarity                   : Kapilaritas, berarti naiuk atau turunnya permukaan zat cair di dalam pipa kaplier, jika pipa kapiler itu dicelupkan tegak lurus ke dalam permukaan zat cair itu. Capilary tube kata padanannya adalah pipa kapiler.
107.          Capricornus                 : Kambing Laut. Rasi zodiak yang terletak di belahan langit Selatan. Matahari melewati rasi ini antara akhir Januari dan pertengahan Februari.
108.          Cassiopeia                   : Sebuah rasi berbentuk 'W' , terletak dekat kutub utara langit. Dinamakan menurut ratu mitologi Yunani. Dalam rasi ini terdapat sebuah supernova menyala di tahun 1752, diamati oleh Tycho Brahe.
109.          Castor                          : Bintang paling cemerlang kedua dalam rasi Gemini, sebuah rasi di belahan langit Utara. Castor sesungguhnya terdiri dari enam bintang yang dihubungkan oleh gravitasi, meskipun mereka nampak seperti satu dengan mata telanjang.
110.          Cathode                      : Katoda; kutub elektro dan negatip 1)Cathoderay: sinarkatoda; sinar tersebut merupakan aliran elektron dalam tabung dan berasal darif ilamen yang dipanaskan.
111.          Cathode rays               : Sinar Katoda; Aliran elektron yang dipancarkan oleh katoda dari tabung lucutan gas bila katoda tersebut ditembaki dengan ion-ion positif
112.          Cation                                     : Kation ; ion bermuatan positip.
113.          Cenezoic                     : Sejarah geologi paling muda, mulai akhir jaman mesozoic sampai sekarang.
114.          Centaurus                    : Mahluk manusia-kuda dari mitologi Yunani, rasi di belahan langit Selatan. Di dalamnya terdapat Proxima Centauri, bintang terdekat dari matahari. Ada pula Omega Centauri, sebuah kelompok globular bintang yang ratusan ribu jumlahnya, sejauh 17.000 tahun cahaya. Centaurus A, sebuah galaksi yang memancarkan gelombang radio, juga terletak dalam rasi ini.
115.          Center                                     : Pusat Center of mass : pusat massa Center of gravity : titik berat.
116.          Centrifugal                  : Sentrifugal, berarti berarah radial menjauhi pusat lingkaran. Centrifugal force : gaya sentrifugal, berarti suatu gaya yang dianggap (seolah-olah) ada, bekerja pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya menjauhi pusat lingkaran
117.          Centripetal                  : Sentripetal, berari berarah radial menuju ke pusat lingkaran. Centripetal force : gaya sentripetal, berarti gaya yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya menuju ke pusat lingkaran.
118.          Centroid                      : Berhubungan dengan atau bersifat pusat, misalnya pusat massa, pusat volume/ruang, pusat luasan/bidang, atau pusat garis
119.          Chain Reaction           : Reaksi Rantai; Reaksi yang dipacu oleh hasil reaksi semacam itu juga yang terjadi sebelumnya, dalam mana neutron terbelah menjadi sejumlah neutron baru, di mana neutron ini juga dapat membelah menjadi neutron baru seterusnya.
120.          Characteristic              : Karakteristik, berarti ciri-ciri atau sifat-sifat khusus.
121.          Charge (electric)          : Muatan listrik. 1) Charge density : rapatmuatan:banyaknya muatan persatuan volume. 2)Induced charge : muatan induksi ;
122.          Circle                           : Lingkaran. Ks yang bersangkutan adalah circular yang berarti berbentuk lingkaran, menurut arah melingkar, atau berkaitan dengan lingkaran.
123.          Co                               : Awalan yang menyertai suatu kata dan berarti sama, bersama atau bersekutu, berserikat, berimpit. Coaxial kata padanannya adalah koaksial , berarti memiliki sumbu yang sama/berimpit. Concentric kata padanannya adalah konsentrik, berarti (dua atau lebih benda misalnya lingkaran, bola) memiliki pusat yang sama atau berimpit.
124.          Coercive force             : Gaya koersif ; medan magnet luar yang dibutuhkan untuk menghilangkan magnetisasi bahan magnet.
125.          Coherence of Laser Light : Koherens Cahaya Laser; Cahaya keluaran laser yang mempunyai koherensi sangat besar terhadap waktu dan ruang dibanding sumber cahaya lainnya
126.          Coherent scattering     : Hamburan koheren; Hamburan dengan hubungan fase yang tertentu di antara partikel atau foton masuk dan partikel atau foton yang terhambur
127.          Cohesion                     : Kohesi, berarti gaya tarik menarik atau daya mengumpul antara molekulmolekul dari zat-zat yang sejenis
128.          Coil                             : Koil ; kawat konduktor yang dililitkan secara rapat .
129.          Collision Broadening  : Pelebaran Benturan; Pelebaran garis spektrum yang disebabkan oleh gangguan proses radiasi pada saat peradiasi berbenturan dengan partikel lain
130.          Combination principle : Asas Kombinasi; Kaidah empiris yang menyatakan bahwa jumlah atau selisih frekuensi garis-garis spektral sering menyamai frekuensi teramati lainnya
131.          Commutation relation : Relasi Komutasi; Spesifikasi komutator dari pasangan operator yang bersesuaian dengan peubah dinamis suatu sistem, yang sama dengan , yaitu qp – pq = i
132.          Component                 : Komponen, hasil uraian dari sebuah vektor.
133.          Composition                : Komposisi, penyusunan, perpaduan (vektor)
134.          Compress                    : Menekan. Ks yang bersangkutan adalah compressive yang berarti bersangkutan dengan penekanan. Kk yang bersangkutan adalah compression yang berarti penekanan. Istilah yang berhubungan misalnya adalah compressibility yang berarti ketertekanan, yaitu besaran yang (dalam termodinamika) merupakan kebalikan dari "bulk modulus".
135.          Compton absorption   : Absorpsi Compton; Serapan foton Sinar X (sinar ) dalam hamburan compton, biasanya disertai pancaran foton lain yang energinya lebih rendah
136.          Compton Scattering    : Hamburan Compton; [hamburan sinar gamma = gamma ray scattering; Proses Compton = compton process]Hamburan foton oleh elektron yang menyebabkan panjang gelombang foton terhambur menjadi lebih panjang dari pada panjang gelombang foton masuk
137.          Compton Shift                        : Pergeseran Compton; Perubahan panjang gelombang radiasi terhambur yang disebabkan oleh efek compton
138.          Concentric                   : Konsentrik, berarti mempunyai pusat (lingkaran, bola0 yang sama atau berimpit.
139.          Condition                    : Syarat, keadaan.
140.          Conductors                 : Konduktor ; suatu bahan disebut konduktor bila pada bahan tersebut satu atau beberapa elektron dari atom atomnya dapat bergerak bebas. Dalam konduktor cair, yang bergeraknya ion
141.          Cone                            : Kerucut
142.          Consequence               : konsekuensi, akibat.
143.          Conservation               : Kekekalan
144.          Conservative               : Bersangkutan dengan sifat kekekalan
145.          Conservative force      : Gaya konservatif, berarti gaya yang jika bekerja pada suatu benda usahanya tidak bergantung pada bentuk lintasan benda itu, atau gaya yang jika bekerja pada suatu benda usahanya sama dengan nol jika benda itu bergerak pada sebuah lintasan tertutup.
146.          Constant                      : Sebagai ks berarti tetap, dan sebagai kb berarti tetapan
147.          Constrain                     :  Membatasi, dalam mekanika berarti membatasi gerak suatu benda pada lintasan tertentu.
148.          Contain                       : Berisi
149.          Container                    : Wadah, tempat menyimpan
150.          Content                       : Isi, kandungan
151.          Continue                     : kontinyu, berarti melanjutkan
152.          Continuous                  : Berlanjut atau terus menerus
153.          Continuous spectrum  : Spektrum Kontinu; Spektrum radiasi yang terdistribusi kontinu sepanjang suatu daerah frekuensi tanpa terpecah menjadi garis-garis atau pita frekuensi terpisah
154.          Control                        : Sebagai kk berarti mengawasi, mengatur, mengendalikan.
155.          Convention                 : Kk yang berarti perjanjian, kesepakatan. Ks yang bersangkutan : conventional yang padanan katanya adalah perjanjian/kesepakatan.
156.          Conversion                  : Perubahan. Conversion factor padanan katanya adalah faktor konversi, berarti bilangan yang menyatakan perubahan nilai suatu besaran yang diubah dari suatu sistem satuan ke sistem satuan yang lain. Converter berarti alat untuk mengubah.
157.          Convert                       : Mengubah (dari suatu bentuk ke bentuk yang lain).
158.          Copliance                    : Besaran yang nilainya menunjukkan kekakuan suatu pegas. Jika konstanta pegas k, maka compliance pegas itu adalah 1/k
159.          Corpuscle                    : butiran-butiran zat padat.
160.          Correspondence Principles : Asas korespondensi; Setiap teori baru dalam fisika harus bersesuaian dengan teori klasik yang sudah mantap bila diterapkan pada keadaan yang dipenuhi oleh teori klasik tersebut
161.          Cosine                         : Cosinus, berarti perbandingan geometris dari suatu sudut.
162.          Coulomb Force           : Gaya Coulomb ; Gaya yang dihasilkan oleh interaksi muatan listrik.
163.          Coulomb Scattering    : Hamburan Coulomb; Hamburan partikel bermuatan, misalnya alpha, oleh inti sebagai akibat torsi elektrostatik antara mereka;Bila berkas masuk mengandung satu partikel alpha per centimeter persegi, maka cacah partikel w persatuan sudut ruang yang mengalami simpangan
164.          Couple                         : Secara umum berarti sepasang atau pasangan. Dalam mekanika adalah koppel , yang berarti dua buah gaya sejajar (berarti garis kerjanya tidak berimpit) yang besarnya sama dan arahnya berlawanan.
165.          Creation operator        : Operator Kreasi
166.          Critical inversion         : Inversi kritis; Keadaan yang bersangkutan dengan cacah hunian atom tereksitasi yang harus dipenuhi agar dapat memulai proses laser
167.          Cross section               : Secara umum berarti penampang. Dalam fisika atom berarti besaran yang nilainya menyatakan kebolehjadian/peluang terjadinya tumbukan antara partikel-partikel
168.          Crux                            : Salib selatan. Rasi yang terkecil di langit. Ia terletak dekat kutub langit selatan. Salib selatan mengandung nebula suram Kantong Arang, disamping keempat bintang cemerlang yang menandai bentuk salib.
169.          Curie Temperature      : Suhu Curie; [titik curie = curie point]; Suhu yang menandai transisi antara feromagnetisme dan paramagnetisme
170.          Curie’s Law                : Hukum Curie; Supseptibilitas c suatu bahan paramagnetik berbanding terbalik dengan suhu termodinamik T, atau , dengan C = tetapan Curie
171.          Current                        : Arus ,Banyaknya muatan listrik yang mengalir pada suatu penampang persatuan waktu .
172.          Curve                          : Sebagai kk berarti melengkung. Sebagai ks garis (grafik dalam suatu sistem koordinat) yang menyatakan hubungan antara nilai suatu besaran dengan nilai besaran yang lain.
173.          Cycle                           : Lingkaran yang berarti salah satu bentuk geometris. Putaran atau perputaran, yang dapat dipandang sebagai satuan, misalnmya 1 cycle berarti 1 putaran atau 1 getaran. Siklus, yang berarti proses yang berulang dengan aturan tertentu
174.          Cygnus                        : Angsa. Sebuah rasi di langit belahan langit utara. Terkadang ia dinamakan Salib Utara karena bentuknya yang khusus. Bintangnyayang paling cemerlang adalah Deneb. Di dalamnya terdapat Alberio atau Beta Cygni, sebuah bintang ganda di kepala angsa. Bintang 61 Cygni adalah yang pertama diukur Paralaks-nya. Cygnus mengandung Nebula Amerika Utara, sebuah awan gas berkilau dalam Bima Sakti. Juga Nebula Cadar, sisa dari ledakan supernova.
175.          Damp                          : Sebagai ks berarti lembab. Sebagai kk berarti meredam. Kata yang berhubungan : damped padanan katanya teredam, dan damping padanan katanya peredaman
176.          Daniel cell                   : Sel Daniel ;SumberGGL yang dihasilkan oleh elektroda Zn dan Cu
177.          Data                            : Bentuk jamak dari datum, yang artinya adalah berbagai keterangan tentang sesuatu objek.
178.          Daur surya                   : Istilah yang digunakan untuk variasi kegiatan sekitar 11 tahun di matahari. Jumlah bintik matahari, suar, dan prominensa berubah-ubah dalam tiap daur 11 tahun. Namun dalam tiap daur berurutan, kutub magnet utara dan selatan matahari saling bertukar. Jadi dapat dikatakan bahwa daur surya lengkap membutuhkan 22 tahun.
179.          Davisson-Germer Experiment :  Percobaan Davisson Germer; Percobaan pertama yang menunjukkan difraksi elektron dengan cara berkas elektron diarahkan pada permukaan kristal nikel dan distribusi elektron terhambur balik dari kristal itu diukur menggunakan silinder Faraday.
180.          De -                             : Awalan untuk menyatakan kebalikan dari kata yang mengikutinya. Decompose kebalikan dari compose padanan katanya adalah terurai atau terbagi yang berarti terurai atau terbagi menjadi bagian-bagian.
181.          de Broglie Equation    : Persamaan de Broglie; Gelombang de Broglie dikaitkan dengan partikel bebas dan gelombang EM dalam ruang hampa dikaitkan dengan foton, di mana panjang gelombangnya sama dengan tetapan Planck dibagi oleh momentum partikel (foton) tersebut, sedangkan frekuensinya sama dengan energi partikel (foton) tersebut dibagi tetapan Planck
182.          de Broglie Hypothesis            : Hipotesis de Broglie; Sebuah hipotesis yang menyatakan bahwa partikel bersifat sebagai gelombang yang dapat menghasilkan interferensi, difraksi dll
183.          de Broglie wavelength : Panjang Gelombang de Broglie; Panjang gelombang yang dimiliki oleh suatu benda bermassa m bila bergerak dengan kelajuan v menurut persamaan
184.          Decay time                  : Waktu peluruhan; Waktu yang diperlukan oleh suatu besaran untuk meluruh sampai batas tertentu dari nilai awalnya
185.          Deci                             : Awalan (satuan) yang nilai konversinya sepersepuluh, Contoh : satu decimeter = sepersepuluh meter.
186.          Decrease                      : Berkurang
187.          Define                         : Mendefinisikan, berarti menetapkan atau memberikan makna dari suatu kata. Kb yang bersangkutan definition padanan katanya definisi . Ks yang bersangkutan definits padanan katanya pasti, tertentu
188.          Deflect                                    : Menyimpang, berarti berubah arah dengan sudut tertentu dari arah semula.
189.          Deform                        : Berubah dari bentuk semula
190.          Degeneracy                 : Degenerasi (kemerosotan); Suatu keadaan dengan dua atau lebih keadaan stasioner dari sistem yang sama mempunyai energi yang sama meskipun fungsi gelombangnya berbeda (tidak sama)
191.          Degenerate wave function : Fungsi Gelombang terdegenerasi; Fungsi-fungsi gelombang yang berbeda-beda, tetapi memiliki nilai eigen yang sama
192.          Degree                         : Derajat, tingkat.
193.          Degree of degeneracy : Derajat degenerasi; Banyaknya keadaan yang yang secara fisis berbeda, tetapi memiliki energi yang sama
194.          Deklinasi                     : Koordinat langit setara dengan garis lintang di Bumi. Benda langit pada deklinasi +90º berada di kutub utara langit (di atas kepala kutub utara Bumi). Deklinasi 0º menandai katulistiwa langit
195.          Delay                           : Sebagai kk berarti menunda dan sebagai kb berarti penundaan.
196.          Delta function             : Fungsi Delta; [fungsi delta Dirac = Dirac delta function]
197.          Demagnetization         : Demagnetisasi;Proses menghilangkan magnetisasi suatu bahan ,biasanyan proses tersebut dilakukan dengan menempatkan bahan tersebut pada medan luar dan medan luar dikurangi sedikit demi sedikit.dDemagnetization energy : energi magnetisasi : energi yang dibutuhkan untuk memagnetisasi bahan.
198.          Denominator               : Penyebut dari suatu bilangan pecahan
199.          Dense                          : Rapat. Kb yang bersangkutan adalah density yang secara umum berarti kerapatan, dan secara khusus density berarti massa atau besaran lainnya pada tiap satu satuan volume. Contohnya mass density padanan katanya adalah rapat massa yang juga disebut massa jenis, artinya adalah massa pada tiap satu satuan volume.
200.          Derivation                   : Penurunan, perihal menurunkan sesuatu. Kk yang bersangkutan adalah derive (from) yang berarti berasal dari atau diturunkan dari.
201.          Destruction                 : Kehancuran, kebinasaan. Ks yang bersangkutan adalah destructive yang padanan katanya adalah destruktif dan berarti saling menghancurkan atau saling melemahkan, seperti pada kata destructive interference yang padanan katanya adalah interferensi destruktif dan berarti interferensi (getaran atau gelombang) yang saling melemahkan.
202.          Diagram                      : Diagram, dapat berarti 1. Grafik yang menyatakan hubungan antara dua besaran. 2. Bagan dalam bentuk gambar garis, gambar bidang (lingkaran, empat persegi panjang dan sebaginya) atau ruang (bola, silinder, balok dan sebaginya), untuk menyatakan hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.
203.          Diamagnetic                : Diamagnet; bahan yng tidak bersifat magnet,permeabilitas bahan tersebut kurang dari satu dan suseptibilitasnya negatif
204.          Diatomic molecule      : Molekul dwiatom; Molekul yang terdiri atas dua atom, misalnya O2
205.          Dielectric                     : Dielektrik ; bahan non konduktor seperti porselin ,gelas , mika , kayu. 1) Dielectrik constant : konstanta dielektrik;Perbandingan antar permitifitas dielektrik dengan permitifitas vakum 2)Dielektric dispersion :dispersi dielektrik ; fenomena berubahnya harga konstanta dielektrik sebuah bahan akibat berubahnya frekwensi. 3) Dielectric strain : strain dielektrik ; strain yang dikenakan pada bahan untuk menghasilkan beda potensial pada bahan tersebut.
206.          Difractometer              : Difraktometer; Alat yang digunakan untuk mempelajari struktur materi dengan difraksi sinar X, elektron, neutron atau gelombang yang lain
207.          Dilate                          : Bertambah panjang, mulur. Kb yang bersangkutan adalah dilatation yang padanan katanya adalah dilatasi dan berarti pemuluran atau keadaan bertambah panjang dari yang seharusnya.
208.          Dimension                   : Dimensi, yang berarti : 1. Ukuran besar suatu benda, misalnya sebuah balok dengan panjang 1 meter, lebar 0,5 meter dan tinggi 0,2 meter dapat dikatakan dimensi balok itu adalah (1 x 0,5 x 0,2) meter. 2. Cara menyatakan besaran fisika dengan besaran-besaran pokok. Misalnya dimensi kecepatan adalah LT-1, yang berarti bahwa kecepatan merupakan besaran panjang di bagi besaran waktu sesuai dengan pengertian kecepatan adalah perubahan posisi pada tiap satu satuan waktu.
209.          Dirac Delta Function  : Fungsi Delta Dirac; Fungsi distribusi d yang sedemikian tajam, sehingga memenuhi kaitan untuk dan bernilai nol untuk harga x di luar selang antara x1 dan x2.
210.          Dirac Theory               : Teori Dirac; Teori elektron berdasarkan persamaan Dirac, yang menjelaskan momentum sudut spin dan momen magnetik beserta perilakunya dalam medan EM
211.          Direct                          : Sebagai kk berarti berarah, mengarah atau mengarahkan. Kb yang bersangkutan adalah direction yang padanan katanya adalah arah . Sebagai ks berarti langsung. Dalam penghertian ini misalnya direct current yang padanan katanya adalah arus searah , yang berarti arus listrik yang memiliki arah tetap di dalam suatu rangkaian.
212.          Discharge                    : Penghilangan muatan ; bergerak atau berkurangnya muatan pada suatu sistim 1)Pada batre: konversi dari energi kimia menjadi energi listrik 2)Pada kapasitor : energi yang dibebaskan dengan cara menghubungkan terminalnya.
213.          Disk                             : Cakram, piringan.
214.          Displacement
215.          Dissociation energy     : Energi disosiasi; Energi yang diperlukan untuk pemisahan sempurna atom-atom dari suatu molekul.
216.           
217.           
218.           
219.          Distance                      : jarak, artinya adalah selang panjang antara dua buah objek. Dalam mekanika jarak termasuk ke dalam besaran skalar.
220.          Distribute                    :  Menyebar, membagi-bagikan. Kb yang bekaitan adalah distribution yangt padanan katanya adalah distribusi, sebaran, penyebaran.
221.          Disturb                        : Mengusik, menganggu. Kb yang bersangkutan adalah disturbance yang padanan katanya adalah usikan, gangguan .
222.          Doppler width             : Lebar Doppler; Lebar garis yang terjadi karena atom-atom yang memancarkan radiasi bergerak relatif terhadap pengamat
223.          Doublet state               : Keadaan doblet; Dua keadaan stasioner yang memiliki momentum sudut putar dan spin yang sama, tetapi momentum sudut totalnya berbeda. [energinya berbeda karena pengaruh sambatan spin putaran]
224.          Drift                            : Hanyut. Istilah ini biasa sigunakan untuk menyatakan gerak partikel-partikel di dalam suatu medium, misalnya gerak elektron-elektyron di dalam penghantar listrik. Kecepatan gerak elektron-elektron tersebut dinyatakan dengan drift velocity yang padanan katanya adalah kecepatan hanyut .
225.          Duality principle         : Asas dualitas [wave-particle duality = dualitas gelombang-partikel; wave-corpuscle duality = dualitas gelombang-materi]; Asas yang menyatakan bahwa materi dan radiasi EM dalam gejala tertentu berperilaku sebagai gelombang dan dalam gejala lain berperilaku sebagai partikel (zarah), kedua aspek tersebut terkaitkan oleh hubungan de-Broglie.
226.          Durable                       : Tahan lama. Kb yang bersangkutan adalah duration yang istilah padanan nya adalah lamanya bertahan, lama berlangsungnya suatu peristiwa.
227.          Dynamic                      : Dinamik, dinamis, berarti berhubungan dengan gerak atau penyebab gerak
228.          Dynamics                    : Dinamika, berarti bagian dari mekanika yang mempelajari gerak benda dengan meninjau penyebabnya.
229.          Eddy Current              : Arus pusaran. Eddy current kata padanannya adalah arus pusar atau arus eddy, berarti arus listrik yang terjadi dalam suatu penghantar yang dipengaruhi oleh medan magnet yang berubah terhadap waktu.
230.          Edge                            : Tepi, ujung.
231.          Effect                          : Efek, pengaruh, akibat. Ks effective padanan katanya efektif berarti memberikan pengaruh atau hasil. Istilah yang bewrhubungan misalnya adalah effective value istilah padanannya adalah harga efektif, biasanya istilah ini digunakan untuk menyatakan nilai dari suatu besaran yang tidak tetap atau berubah terhadsap waktu.
232.          Effective current         : arus efektif ; arus yang mengalir pada tahanan standar dimana panas yang timbul pada tahanan tersebut besarnya sama dengan panas yang diakibatkan oleh arus searah.
233.          Eigen-function                        : Fungsi eigen (swa fungsi) [characteristic function = fungsi karakteristik]; Vektor eigen untuk operator linear dalam ruang vector yang vector-vektornya berupa fungsi
234.          Eigenvalue Equation   : Persamaan Eigen Nilai [Pers. Karakteristik = Characteristic Equation]; Dinotasikan dengan persamaan , yang akan mempunyai penyelesaian apabila parameter l memiliki nilai tertentu, A dapat berupa matriks yang mengalikan vektor y, atau berupa operator integral yang bekerja pada fungsi y yang bekerja pada ruang vektor berhingga atau tak berhingga
235.          Ekliptika                      : Jejak tampak Matahari setiap tahun dengan latar belakang bintang-bintang lainya. Sudah tentu sebenarnya ini disebabkan oleh bumi mengedari matahari. Dinamakan ekliptika karena gerhana (eklips) terjadi hanya bilamana Matahari dan Bulan dekat garis ini.
236.          Eksploitasi                   : Usaha pertambangan dengan maksud untuk menghasilkan bahan galian dan menfaatkannya.
237.          Eksplorasi                    : Segala penyelidikan geologi pertambangan untuk menetapkan lebih seksama adanya dan sifat bahan galian.
238.          Ekuator                       : Garis lingkaran besar di bumi, yang membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Sering juga disebut dengan katulistiwa
239.          Elastic                         : Elastik, kenyal, lenting, berarti sifat benda yang berubah bentuk bila mendapat pengaruh (gaya) dari luar dan kembali ke bentuk semula segera setalah pengaruh luar (gaya) itu dihilangkan. Kb yang berhubungan adalah elasticity yang padanan katanya adalah keelastikan, kekenyalan, kelentingan. Elastic limit padeanan katanya adalah batas keelastikan, batas kekenyalan, batas kelentingan, artinya adalah batas atau nilai terrbesar dari "stress" yang dapat diberikan pada benda yang jika batas atau nilai terbesar itu dilampaui benda akan kehilangan sifat elastiknya. Elastic modulus atau modulus of elasticity adalah perbandingan antara "stress" yang bekerja pada suatu bahan dengan "strain" yang timbul pada bahan itu.
240.          Electric                        : Listrik ; a) electric field : medan listrik ;Gaya listrik persatuan muatan ,medan tersebut mmerupakan medan vektor ,dan arah medannya sesuai dengan arah gaya yang dialami oleh muatan positip bila berada dalam medan listrik.
241.          Electric dipole             : dipol listrik (P); Besaran yang dihasilkan oleh dua buah muatan listrik yang berdekatan ; harga P=q.d
242.          Electrodynamics         : elektrodinamis :bagian pembahasan dalam listrik dimana medan listrik berubah terhadap waktu ; Medan listrik yang berubah terhadap waktu bisa menimbulkan medan magnet induksi.
243.          Electrolysis                  : Elektrolisis ;proses perubahan kimia dalam eletrolit dengan cara mengalirkan arus listrik ,biasanya perubahan tersebut berupa penguraian elektrolit menjadi ion positip dan negatip yang mengendap di anoda atau katoda.
244.          Electromagnetic
245.          Electromotive force    : Gaya gerak listrik;
246.          Electron                       : Elektron: partikel sub atomik dengan masa m= 9,1 x 10-31 kg; muatannya e = 1,6 x 10-19 C. Muatan ini adalah muatan terkecil yang dimiliki oleh partikel. 1)Electrons lens; 2) Electron microscope ;
247.          Electron affinity          : Fungsi yang memberikan cacah elektron per satuan volume ruang fase
248.          Electron Cloud            : Awan elektron; [charge cloud = awan muatan] Penggambaran keadaan elektron dengan anggapan bahwa muatannya tersebar dan menghasilkan distribusi rapat muatan sesuai dengan fungsi distribusi kebolehjadian yang bersangkutan dengan fungsi gelombang schrodinger
249.          Electron collision        : Benturan elektron; [misal pada percobaan Franck-Hertz] benturan elektron yang dipercepat dengan atom gas menyebabkan transfer energi secara sebagian atau keseluruhan; transfer energi ini membuktikan terkuantissasinya energi elektron dalam atom
250.          Electron current          : Arus elektron; Arus listrik yang terjadi karena gerak elektron Contoh : pada tabung hampa
251.          Electron density distribution : Distribusi Rapat Elektron; [distribusi elektron = electron distribution];
252.          Electron ground-state : Keadaan dasar elektron;Keadaan stasioner dengan tenaga terendah electron di dalam atom atau molekul
253.          Electron Scattering     : Hamburan Elektron;Peristiwa menyebarnya elektron dari arah masuk berkasnya karena benturan dengan atom atau elektron lain
254.          Electrostatic                : Elektrosatis ; bagian bahasan dalam kelistrikan dimana medan listrik tidak berubah terhadap waktu.
255.          Elevate                                    : Mengangkat, meninggikan. Kb yang bersangkutan adalah elevation yang padanan katanya adalah elevasi.
256.          Elongasi                      : Elongation. Sudut antara vektor radius geosentris planet dengan vektor radius geosentris matahari. Planet inferior elongasi 00 saat konjungsi, dan maksimum saat vektor radius geosentrisnya menyinggung orbitnya. Elongasi planet superior bervariasi dari 00 sampai 1800
257.          Empirical                     : Empiris, artinya berdasarkan hasil percobaan.
258.          Energy                         : Energi, tenaga, merupakan ukuran kemampuan suatu benda atau sistem melakukan usaha atau kerja. Benda atau sistem yang melakukan usaha atau kerja akan kehilangan energi atau tenaga sebesar usaha atau kerja yang dilakukannya
259.          Energy quantization  : Kuantisasi energi; Batasan nilai energi yang bersangkutan dengan sistem fisis, seperti atom, molekul atau partikel pada seperangkat nilai diskret
260.          Episentru                     : Pusat gempa di permukaan bumi
261.          Equal                           : Sama. Kk yang berhubungan adalah equate yang padanan katanya adalah menyamakan. Kb yang berhubungan adalah equation yang padanan katanya adalah persamaan, artinya bentuk kalimat matemnatika seperti misalnya y = 2x + 3. Istilah yang berhubungan misalnya adalah equation of state padanan katanya adalah persamaan keadaan.
262.          Equinox                       : Titik potong antara equator langit dengan ekliptika. Matahari mencapai titik ini setiap tahun pada tanggal 21 Maret (disebut vernal equinox) dan 22 September (disebut autumnal equinox). Saat itu, siang dan malam akan tepat sama lamanya.
263.          Equipotential               : Harga potensial sama ;Bidang di sekitar muatan yang mempunyai harga potesial listrik yang sama.Bidang eqipotensial dari beberapa distribusi arus
264.          Error                            : Kesalahan, kekeliruan, secara khusus berarti kesalahan, kekeliruan atau penyimpangan dari harga yang sesungguhnya. Padanan kata yang biasa digunakan dalam pengertian khusus itu adalah sesatan. Istilah yang berhubungan misalnya adalah theory of error padanan katanya adalah teori sesatan.
265.          Essential                      : perlu, penting, sesungguhnya. Essence berarti inti sari atau sesungguhnya.
266.          Estimate                      : menaksir. Kb yang berhubungan adalah estimation yang berarti taksiran
267.          Exact                           : tepat, persis.
268.          Exert                           : Mengerjakan.
269.          Exist                            : Ada. Kb yang berhubungan adalah existance yang padanan katanya adalah adanya atau keberadaan
270.          Experiment                  : Eksperimen, percobaan.
271.          Explode                       : Ledakan. Kb yang berhubungan adalah explosion yang padanan katanya adalah ledakan, peledakan. Ks yang berhubungan adalah explosive yang berarti mudah meledak.
272.          Exponent                     : Eksponen, pangkat
273.          External                       : Bagian luar atau yang berasal dari luar.
274.          Extreme                       : Ekstrim, berarti yang paling mencolok, terbesar atau terkecil.
275.          Farad                           : Farad; satuan harga kapasitor dalam mks , 1 farad =1 coulomb per volt
276.          Faraday cage
277.          Faraday emf
278.          Faraday's law              : Hukum Faraday ;GGL induksi pada sebuah sirkuit sebanding dengan perubahan flux magnet terhadap waktu. Hukum Faraday merupakan salah satu persamaan Maxwell dalam bentuk integral
279.          Flexible                       : Fleksibel, berarti lentur, mudah dibengkokkan.
280.          Flow                            : Sebagai kb berarti aliran dan sebagai kk berarti mengalir.
281.          Fluid                            : Fluida, zat alir berarti zat yang dapat bahkan mudah mengalir, termasuk di dalmnya adalah zat cair dan gas juga uap.
282.          Forbidden transition   : Transisi terlarang; Transisi antara dua keadaan sistem kuantum yang peluangnya lebih rendah daripada transisi terizin
283.          Force                           : Sebagai kb benda berarti gaya konservatif ,dan sebagai kk berarti memaksa. Istilah yang berhubungan misalnya adalah Forced system yang berarti sebuah sistem (khususnya memkanik) yang selama bekerjanya dipengaruhi oleh pengaruh/gaya luar. Forced oscillation padanan katanya adalah osilasi paksa, artinya adalah getaran yang berlangsung dibawah pengaruh suatu gaya luar.
284.          Form                            : Sebagai kb berarti bentuk, rupa dan sebagai kk berarti membentuk.
285.          Formula                       : Rumus. Kk yang berhubungan adalah formulate yang berarti merumuskan.
286.          Fosil                            : Sisa makhluk hidup, hewan maupun tumbuhan.
287.          Fotosfera                     : Permukaan cemerlang Matahari; nama itu berarti 'bola cahaya'. Merupakan lapisan gas berkilau dengan suhu sekitar 6000ºC. Fotosfera terpecah-pecah oleh sel-sel gas panas, yang disebut partikel (zarah), yang masing-masing luasnya kira-kira sebesar daratan Inggris. Daerah fotosfera yang lebih sejuk dinamakan Bintik Matahari.
288.          Fourier analysis           : Analisis Fourier; Proses untuk menyatakan fungsi sembarang sebagai bentuk superposisi fungsi sinusiodal penyusunnya.
289.          Fourier's series
290.          Franck-Condon Principle : Asas Franck-Condon; Asas yang menyatakan bahwa dalam setiap sistem molekul transisi dari suatu keadaan energi ke keadaan energi yang lain berlangsung demikian cepat, sehingga inti atom yang bersangkutan dapat dianggap tetap tak bergerak selama transisi tersebut
291.          Free charge                  : Muatan bebas;Pada elektrostatik,muatan listrik bebas tersebut tidak terikat oleh muatan lain yang tandanya berlawanan. 1)Free electron : elektron bebas ; elektronpada suatu material yang tidak terikat oleh salah satu atom pada material tersebut , dan elektron tersebut bebas bergerak bila ada medan listrik luar.Banyaknya jumlah elektron bebas pada suatu material ,menetukan besarnya harga konduktivitas listrik material tersebut.
292.          Free current
293.          Free space                   : Secara umum (harfiah) berarti ruang bebas, ruang kosong, dalam fisika biasanya diartikan sebagai bagian dari ruang angkasa yang bebas dari pengaruh medan gravitasi dan medan elektromagnet.
294.          Free Vibration             : Getaran bebas, yaitu getaran suatu benda atau sistem yang selama berlangsungnya bebas dari pengaruh (gaya/getaran) luar.
295.          Friction                        : Gesekan Fringing field Medan pinggiran : Pada medan listrik yang terdapat pada dua buah plat sejajar , medan listrik pada bagian tengahnya uniform tetapi pada bagian pinggirnya tidak uniform, keadaan tersebut berpengaruh pada alat pengukuran radiasi dimana medan listrik yang lemah tersebut dapat mengakibatkan bergabungnya lagi ion ion sehingga efisiensi alat tersebut berkurang.
296.          Galaksi                        :  Gugus bintang yang terdiri dari milyaran bintang, terikat bersama secara gravitasi. Umumnya berbentuk cakram spiral dengan jumlah bintang yang memampat di pusatnya, seperti Bima Sakti kita dan Galaksi Andromeda, sedangkan sebagian lagi berupa gumpalan pekat yang disebut Galaksi Eliptik. Diperkirakan ada hingga satu bilyun galaksi yang masing-masing beranggotakan jutaan bahkan milyaran bintang yang dapat diamati melalui teleskop besar.
297.          Gallon                         : Galon, adalah satuan volume zat cair. 1 gallon (Inggris) = 4,546 liter 1 gallon(Amerika) = 5/6 x 1 Gallon (Inggris).
298.          Gap                             : Celah, yaitu ruang kosong di antara dua buah benda. Istilah yang berhubungan misalnya adalah energy gap yang padanan katyanya adalah celah energi, yang berarti kumpulan dari beberapa tingkat energi yang kosong atau tidak terisi oleh elektron atau atom.
299.          Gauss                          : Gauss; satuan induksi magnet dalam cgs.
300.          Gauss law                    : Hukum Gauss , 1) dalam elektrostatik : Medan listrik yang arahnya normal pada sebuah permukaan tertututup besarnya sebanding dengan jumlah muatan tetutup tersebut.Hukum Gauss dapat dipakai bila distribusi muatan listriknya memenuhi salah satu dari kesimetrian . Kesimetrian tersebut adalah :
a)simetris bola
b)simetris silinder
c) simetris bidang datar
301.          Gelombang P              : Gelombang longitudinal dari hiposentrum, kecepatannya berkisar antara 4 km/s sampai 7 km/s.
302.          Gelombang S              : Gelombang transversal dari episentrum, kecepatannya berkisar antara2 km/s sampai 5 km/s.
303.          Gemini                                    : Anak kembar. Rasi zodiak di belahan langit utara. Dua bintang paling terang di Gemini adalah Castor dan Polux. Matahari melewati rasi ini dari akhir Juni hingga akhir Juli. Sebuah hujan meteor utama, Geminid, bersinar dari rasi ini dalam bulan Desember setiap tahun.
304.          Generator                    : Generator ; Mesin yang dapat merubah bentuk energi menjadi bentuk lain.Pada generator listrik ,energi mekanik dirubah menjadi energi listrik seperti pada dinamo.
305.          Geoid                          : Gambaran permukaan bumi dengan menganggap permukaan laut kontinu ke seluruh permukaan bumi.
306.          geosentris                    : Teori tentang tata surya dengan Bumi sebagai pusat tata surya. Dikemukakan pertama kali oleh Cladius Ptolemaus, abad ke 2.
307.          gerak diri                     : Perubahan kecil pada posisi bintang selama jangka waktu tertentu. Perubahan tersebut disebabkan oleh gerakannya dalam antariksa. Gerak diri bintang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Ia dapat diukur pada gambar/foto skala besar yang diambil dengan teleskop selama bertahun-tahun. Gerak diri bintang pada akhirnya akan mengubah pola rasi yang sudah dikenal. Bintang dengan gerak diri terbesar adalah Bintang Barnard. Selama jangka waktu 180 tahun berubah posisinya sebesar diameter tampak bulan.
308.          gerak harian                 :Gerak relatif benda langit akibat rotasi bumi pada sumbunya, periodanya satu hari.
309.          gerak tahunan              :Gerak relatif benda langit akibat revolusi bumi terhadap matahari, periodanya satu tahun.
310.          gerhana                        : Fenomena tertutupnya cahaya matahari oleh bumi/bulan sehingga tidak sampai pada bulan/bumi sebagai mana mestinya.
311.          Gibbous                       : Salah satu fase bulan, bulan tampak hampir melingkar. Fase ini terjadi beberapa hari sebelum dan sesudah purnama.
312.          Giga                            : Awalan satuan yang memiliki nilai konversi 109, misalnya hambatan listrik 1 gigaohm = 109 ohm.
313.          Graph                          : Grafik, berarti sebuah gambar yang menunjukkan hubungan antara dua buah besaran.
314.          Gravitation                  : Gravitasi. Istilah yang berhubungan adalah : Gravitational force yang kata padanannya adalah gaya gravitasi yang berarti gaya tarik menarik antara dua benda yang bermassa karena massa-massanya. Gravitational mass kata padanannya adalah massa gravitasi, yang berarti massa benda yang diperoleh (diukur) dengan cara mengukur beratnya di dalam medan gravitasi.
315.          Ground                        : Dibumikan ;Pada istilah listrik maksudnya menghubungkan dengan konduktor antara sirkuit listrik dengan bumi.
316.          Globular cluster.          : gugus bola gugus bintang yang berjumlah 104-106 bintang, dan berbentuk sferis dengan radius dari belasan sampai sekitar tiga ratus tahun cahaya. Dalam sebuah gugus bola, semakin ke arah pusat gugus, kerapatan bintang semakin tinggi. Gugus-gugus bola ini tersebar dalam galaksi dengan pusat distribusinya berada pada pusat galaksi. Dalam galaksi Bima Sakti, terdapat sekitar 150 gugus bola. Bintang-bintang anggota gugus bola ini adalah bintang-bintang tua (bintang-bintang populasi II).
317.          Gyration                      : Girasi, berarti sebuah benda yang berputar terhadap sebuah titik atau sumbu yang terletak pada benda itu.
318.          Gyromagnetic ratio     : Perbandingan Gyromagnet ; Perbandingan antara momen magnet (momen magnet dipol ) dengan momentum angulernya. Partikel bermuatan yang bergerak pada suatu orbit tertutup gyromagnetic rationya sebesar =q/2Mc oersted-1sec-1 .Pada Fisika atom gyromagnetic ratio merupakan perbandingan anatar momen magnet spin dengan momentum sudut spin .
319.          Gyroscope                   : Giroskop, berkaitan dengan prinsip kerja giroskop, yaitu sebuah benda atau alat berbentuk simetris yang berputar terhadap sumbu simetriknya. Letak sumbu simetrrik itu akan tetap vertikal jika tidak digannggu dan akan menjadi berputar terhadap letak sumbu semula jika diberi gangguan atau usikan.
320.          Hall effect                   : Efek Hall; Peristiwa berbeloknya arah gerak muatan listrik yang bergerak pada bidang tipis oleh pengaruh medan magnet luar. Akibatnya antara tepi muatan pada bidang tersebut timbul beda potensial . Beda potensial tersebut adalah Vh =Rh ( JxH ) ; dimana Rh=koefisien hall J= rapat arus dan H = intensitas magnet.
321.          Hamiltonian Function : Fungsi Hamiltonian; Fungsi koordinat dan momentum umum suatu sistem, yang nilainya sama dengan jumlah hasil kali momentum umum dengan derivatif koordinat terhadap waktu dikurangi oleh Lagrangian seluruh koordinat.
322.          Harmonic                    :  Selaras. Istilah yang berhubungan adalah harmonic motion yang istilah padanannya adalah gerak selaras yang berarti gerak sutu benda yang memiliki grafik simpangan terhadap waktu berbentuk grafik sinusoida. Simple harmonic motion istilah padanannya adalah gerak selaras sederhana .
323.          Harmonic oscillator     : Osilator harmonis; Sistem fisika yang beresonansi di sekitar kedudukan keseimbangan mantap karena torka pemulih yang sebanding dengan simpangan linear atau simpangan sudut dari kedudukan ini
324.          Heavy atom                 : Atom berat; Atom yang mempunyai nomor atom besar, disekitar 200 atau lebih, yang dalam reaksi inti umumnya akan terbelah menjadi atom-atom yang jauh lebih ringan
325.          Heisenbergh’s uncertainty principle : Asas ketidakpastian Heisenbergh; Ketaksamaan yang menyatakan bahwa bila kedudukan suatu partikel diketahui dengan ketidakpastian x , maka momentumnya mempunyai ketidakpastian p yang minimal sebesar , dan demikian pula sebaliknya; asas tersebut juga berlaku untuk besaran energi E dan waktu t
326.          Heliosentris                 :  Teori tentang tata surya dengan Matahari sebagai pusat tata surya. Pertama kali dikemukakan oleh Copernicus (1473-1543).
327.          Helmholtz coil             : Kumparan Helmholtz ;Susunan dua buah kumparan untuk menghasilkan medan magnet yang relatif uniform.
328.          Henry ( unit )              : Henry ; Satuan induktansi (induktansi diri ) atau induktansi bersama . 1 henry = 1 volt-detik per amper.
329.          Hercules                      : Sebuah rasi di langit belahan utara, dinamakan menurut pahlawan mitologi Yunani. Salah satu ciri terpenting rasi ini ialah kelompok bulat bernama M13. Ia berada sejauh 22.500 tahun cahaya dan mengandung 300.000 bintang. Alpha Hercules juga diberi nama ras Algethi, ialah sebuah bintang raksasa merah, kira-kira 5000 kali garis tengah matahari.
330.          Hertz                           : Hertz ; satuan untuk frekwensi ; 1hertz= satu putaran dalam satu detik
331.          Hertzsprung-Russel     : Grafik yang memetakan suhu bintang berbanding dengan kecerlangannya. Grafik ini dinamakan menurut nama ahli astronomi Denmark, Ejnar Hertzprung (1873-1967) dan ahli astronomi Amerika, Henry Norris Russel (1877-1957) yang secara mandiri tampil dengan gagasan sama, masing-masing dalam tahun 1911 dan 1913. Diagram ini berguna untuk mengungkapkan apakah sebuah bintang itu raksasa ataukah kerdil, dan tahap apa yang dicapai dalam evolusinya. Sebagian besar bintang, termasuk Matahari, terletak pada suatu pita yang dikenal dengan nama Urutan Utama. Posisi bintang dalam diagram ini juga mengungkapkan Magnitudo Mutlak-nya.
332.          Higher energy atomic transition : Transisi atom energi tinggi; Transisi [peralihan] tingkat energi atom yang memancarkan atau menyerap energi cukup besar, terjadi antara kelopak dalam dan kelopak luar
333.          Hiposentrum               :  Pusat gempa di dalam bumi.
334.          Homonuclear molecule : Molekul inti sejenis; Molekul yang atom-atom penyusunnya mempunyai inti identik dalam muatan dan massanya, misalnya N2, O3
335.          Horse power                : Daya kuda, secara khusus dalam fisika berarti satuan daya yang disingkat dengan hp dan niloainya 1 hp = 745,7 watt.
336.          Hund’s Rule                : Kaidah Hund; 1. Untuk konfigurasi yang mengandung elektron-elektron p atau yang setara, keadaan tenaga yang paling rendah ialah yang multiplisitasnya (keanekaragamannya) tertinggi. 2. Bila hal-hal lain sama, maka keadaan dengan momentum sudut orbital terbesar akan mempunyai energi terendah
337.          Hyades                                    : Kelompok sekitar 200 bintang berbentuk 'V' dalam rasi Taurus, kelompok bintang paling dekat ke Bumi, kira-kira sejauh 150 tahun cahaya. Banyak pengetahuan kita mengenai bintang diperoleh dari studi mengenainya. Bintang-bintang Hyades lahir kira-kira 500 juta tahun yang lalu dan relatif muda.
338.          Hydro -                       : Awalan untuk menyatakan keterkaitan atau bersangkutan dengan air atau zat cair. Istilah yang berkaitan misalnya adalah hydrostatic yang padanan katanya hidrostatik dan berarti bagian dari fisika yang mempelajari zat cair yang berada dalam keadaan seimbang/diam.
339.          Hydrogen Isotope       : Isotop hidrogen; Tiga jenis atom H dengan nomor atom yang sama, yakni Z = 1, tetapi nomor massanya berbeda, yakni A = 1 (hidrogen), A = 2 (deuterium), dan A = 3 (tritium)
340.          Hydrogen molecule     : Molekul hidrogen; Konfigurasi stabil yang tersusun dari dua atom hidrogen, H2
341.          Hyferfine level            : Aras hiperhalus; Aras energi terpisah-pisah sebagai akibat spin inti atom atau karena terjadinya campuran isotop dalam unsur
342.          Hygro- Higro -            :, awalan yang digunakan untuk menyatakan berhubungan dengan kelembaban udara, misalnya hygrometer yang padanan katanya higrometer adalah alat untuk mengukur mengukur kelembaban udara.
343.          Hysteresis loop            : Kurva histeresis ; Dalam magnet biasanya kurva histeresis merupakan kurva yang dibuat antara medan magnet B dengan intensitas magnet H . Bentuk kurva tergantung pada bahan magnet.Luasnya kurva histeresis sama dengan energi yang hilang ( biasanya menjadi panas ) bila kita melakukan satu siklus histeresis.
344.          Images                         : Bayangan ; Pada elektro statik kita bisa menggunakan metoda bayangan untuk menghitung potensial di suatu titik. Potensial tersebut distribusi muatan titik dan bidang yang dibumikan.
345.          Impact                         : peristiwa tumbukan antara dua atau lebih benda padat.
346.          Impedance                  : Impedansi ; Hubungan antara arus dan tegangan pada sebuah komponen. Dan didefinisikan sebagai : Z = V/I , untuk resistor murni Z=R .Karena pada kumparan dan ka[asitor antara arus dan tegangan mempunyai beda fasa900 maka hubungannya menggunakan penjumlahan vektor .
347.          Impuls                         : Impul, berarti gaya yang bekerja pada sevbuah benda selama sebuah selang waktu yang singkat. Impuls yang bekerja pada sebuah benda besarnya sama dengan perumbahan momentum yang dialami benda itu.
348.          Incoherent scattering  : Hamburan tak koheren; Hamburan partikel atau foton dengan unsur-unsur penghambur yang bekerja saling tak gayut sehingga tidak ada hubungan fase tertentu antara berbagai bagian berkas terhamburnya.
349.          Induced charge           : lihat charge .
350.          Induced current
351.          Induced dipole
352.          Inductance                  : Induktansi; Induktan adalah sifat ( skalar ) dari satua atau dua buah kumparan yang berdekatan.Bila terdapat satu kumparan, maka perubahan arus yang terjadi pada kumparan tersebut akan menginduksi dirinya sendiri sehingga timbul GGL yang melawan GGL semula fenomena ini disebut induktansi diri. Bila terdapat kumparan yang lain didekatnya dan pada salah satu kumparan terjadi perubahan arus ,maka terjadi perubahan medan magnet. Perubahan medan magnet tersebut masuk kekumparan ke dua sehingga timbul induksi gaya gerak listrik pada kumparan kedua tersebut.
353.          Inert                            : 1. Pada benda padat dan cair berarti lembam, inertia berarti kelembaman. 2. Pada gas berarti sukar bereaksi dengan unsur lain, inert gas kata padanannya adalah gas mulia .3. Inertial system, berarti suatu sistem yang di dalmnya benda-benda tidak mengalami percepatan, kecuali jika padanya bekerja gaya luar.
354.          Infinite                        :Tak berhingga
355.          Infinitesimal                : Sangat kecil, tak berhingga kecilnya.
356.          Inggris                         : Arti dan maksud
357.          Initiate                         : Memulai. Istilah yang berhubungan adalah initial yang kata padanannya awal, initial velocity kata padanannya adalah kecepatan awal.
358.          Insulator                      : Insulator; Material yang mempunya konduktivitas listrik yang sangat kecil sehingga arus listrik sukar sekali mengalir pada bahan tersebut.
359.          Interact                        : Menimbulkan pengaruh timbal balik antara dua benda. Interaction kata padanannya adalah interaksi.
360.          Internal                        : Berhubungan atau berkaitan dengan keadaan di dalan atau bagian dalam. Internal energi kata padanannya adalah energi dalam yang berarti energi yang dimiliki atau tersimpan di dalam sebuah benda atau sistem.
361.          Ion                               : Ion; Atom atau molekul yang bermuatan . Sebuah atom yang netral bila diradiasi akan menjadi ion positip atau negatip.
362.          Iron Core                     : Inti Besi ;Inti besi bila dimasukan kedalam kumparan biasanya untuk melipat gandakan medan magnet hingga bisa mncapai ratusan kali bila dibandingkan dengan udara .
363.          Isobar                          : Isobar; Nuklida dengan nomor massa A (jumlah nukleon) yang sama [contoh: 17Cl37 adalah isobar bagi 16S37, demikian sebaliknya]
364.          Isotone                                    : Isoton; Nuklida dengan jumlah neutron (A Z) yang sama [contoh: 17Cl37 adalah isoton bagi 19K39, demikian sebaliknya]
365.          Isotope                                    : Isotop; Nuklida (inti atom) dengan nomor atom (jumlah proton Z) yang sama [contoh: 17Cl37 adalah isotop bagi 17Cl37]
366.          Isotopic weight           : Bobot isotop; Massa isotop yang didasrkan pada nilai 12 yang ditetapkan untuk massa isotop C-12
367.          Joule                            : joule, berarti satuan energi dalam sistem satuan internasional. Nama satuan ini diambil dari nama salah seorang ahli fisika yaitu Joule yang berdasarkan hasil percobaannya ia menyatakan bahwa panas merupakan salah satu bentuk energi. Istilah yang berkaitan antara lain adalah : Joule calorimeter padanannya adalah kalorimeter joule, ayaitu kalorimeter yang pemanasan cairan di dalamnya menggunakan arus listrik. Joule effect padanannya adalah efek Joule yaitu timbulnya pada pada suatu penghantar yang dialiri arus listrik. Joule's equivalent adalah kesetaraan antara kalor dan energi, yaitu 1 kalori = 4,2 joule.
368.          Joule heating law        : Hukum panas Joul ; Panas yang dihasilkan pada sebuah tahanan , setara dengan tahanan dan kuadrat arus dan berbanding terbalik dengan konstanta Joul.
369.          Kantong arang                        : Sebuah kabut suram debu dan gas dalam rasi Salib Selatan (Crux). Kantong arang itu terletak sejauh 400 tahun cahaya dan mengandung cukup bahan untuk membentuk sekelompok ratusan bintang.
370.          Kecepatan lepas          : Escape velocity. Kecepatan minimal suatu benda sehingga dapat lepas meninggalkan suatu planet.
371.          Kekar                          : Joint. Rekahan lapisan bumi tanpa disertai dengan gerak relatif antara bagian-bagiannya.
372.          Kerak                          : Crust. Lapisan padat bumi paling luar, umumnya mengandung kristal batuan
373.          kerdil merah                : Red Dwarf. Bintang sejuk dan samar, tidak sebesar Matahari. Mereka boleh jadi merupakan bintang terbanyak dalam galaksi kita, tetapi sulit dilihat karena mereka demikian samar. Kerdil merah terdekat sekalipun, yakni Proxima Centauri dan bintang Barnard, tak pernah terlihat tanpa teleskop
374.          kerdil putih                  : White Dwarf. Sebuah bintang panas kecil yang diperkirakan menandai titik akhir evolusi bintang seperti Matahari. Sebuah kerdil putih kira-kira sebesar Bumi, tetapi mengandung materi sebanyak matahari. Materinya tergencet sedemikian padat sehingga sesendok materi tersebut akan berbobot satu ton atau lebih. Kerdil putih sedemikian samarnya sehingga yang terdekat di Sirius dan Orocyon, hanya nampak dengan bantuan teleskop
375.          Kerr effect                  : Efek Kerr ;Sifat dari sebuah dielektrik cair yang mampu memutarkan sudut polarisasi cahaya bila bahan tersebut diberi beda potensial.
376.          Kilo -                           : Awalan untuk satuan, digunakan untuk menyatakan nilai konversi 1000, misalnya 1 kilogram = 1000 gram.
377.          Kilwatt-hour (kwhr)    : Kilowatt-jam; Satuan kerja;seribu watt selama satu jam.
378.          Kinematics                  : Kinematika, bagian dari mekanika yang mempelajari gerak benda tanpa meninjau massa benda dan penyebab gerak itu.
379.          Kinetic                                    : Kinetik, kata yang digunakan untuk menyatakan berkaitan atau berhubungan dengan gerak atau kecepatan yang dimiliki suatu benda atau sistem. Kinetic Energy padanan katanya energi kinetik, berarti energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Kinetic Theory padanan katanya teori kinetik berarti teori yang didasarkan pada anggapan bahwa energi dalam yang dimiliki oleh suatu benda atau sistem disebabkan oleg gerakan partikel-partikel di dalam benda atau sistem tersebut.
380.          Kinetic energy             : energi kinetik atau tenaga gerak, energi yang dimiliki oleh suatu benda atau sistem yang digunakannya untuk bergerak. Translational kinetic energy padanan katanya adalah energi kinetik translasi. Rotational kinetic energy padanan katanya adalah energi kinetik rotasi.
381.          Kinetics                       : Kinetika, berarti bagian dari fisika yang mempelajari halk yang berkaitan dengan gerak benda.
382.          Kirchoff law               : Hukum Kircchoff ; Penjumlahan arus pada suatu titik dan besarnya nol
383.          KLU                            : Kutub Langit Utara. Titik perpotongan sumbu rotasi bumi pada belahan bola langit utara, lawannya KLS (Kutub Langit Selatan).
384.          Komet                         : Anggota tata surya bebentuk materi beku yang yang umumnya terdiri atas air, karbon monoksida, metanol, amonia, dan metana bercampur dengan debu. Komet mengedari Matahari dengan garis lintasan yang sangat lonjong dengan periode tertentu. Saat komet mendekati Matahari, materi beku tersebut menyublim dan membentuk kabut gas dan debu yang disebut coma disekeliling inti komet. Selanjutnya, karena pengaruh angin matahari, maka gas dari coma membentuk "ekor" yang selalu menunjuk ke arah yang berlawanan dengan arah Matahari. Karenanya komet juga sering disebut sebagai bintang berekor.
385.          Konjungsi                    : Conjunction. Posisi planet yang arahnya sama dengan matahari Planet inferior dapat berada dalam posisi konjungsi superior atau konjungsi inferior.
386.          Korona                                    : Atmosfer bagian luar matahari yang samar. Ia terlihat sebagai lingkaran cahaya putih pada waktu gerhana matahari total, ketika bulan menghalangi sinar silau cakram Matahari. Korona terdiri atas gas tipis, menguap dari permukaan Matahari yang mengembang keluar untuk akhirnya membentuk angin surya.
387.          Kromosfera                 : Suatu lapisan gas hidrogen yang berkilau dan letaknya di atas permukaan tampak (Fotosfera) Matahari. Nama itu berarti bola warna dan didapat dari warnanya yang merah pekat. Ini terlihat pada gerhana ketika bulan menghalangi cahaya dari fotosfera yang jauh lebih terang.
388.          Kuadratur                    : Quadrature. Saat elongasi planet superior 900. Kuadratur ini menunjukkan arah timur dan barat.
389.          Kulminasi                    : Culmination. Titik tertinggi di atas kepala.
390.          Labile                          : Labil, goyah berarti cenderung untuk berubah dari keadaan semula. Sebuah sistem keseimbangan disebut labil atau keseimbangan labil, artinya bila kjekesimbangan itu diganggu akan segera berubash dan tidak mungkin kembali ke kesimbangan semula.Labil juga berarti anti atau kebalikan dari stabil.
391.          Lag                              : Tertinggal ; Beda waktu antara dimulainya dinyalakannya alat dengan dengan respon alat tersebut
392.          Lahar                           : Endapan debu lava yang sudah dingin, kemudian tererosi oleh air hujan.
393.          Lande Interval Rule    : Kaidah Interval Lande; Bila interaksi spin orbit cukup lemah untuk diperlakukan sebagai gangguan (perturbasi), maka aras energi yang mempunyai momentum sudut spin dan momentum sudut orbital tertentu akan membelah menjadi aras yang momentum sudut totalnya berbeda sedemikian rupa, sehingga interval (selang) antara aras berturutan sebanding dengan nilai momentum sudut totalnya yang lebit besar
394.          Laplace equation         : Persamaan Laplace ; Persamaan husus dari persamaan Poisson pada keadaan rapat muatan nol .
395.          Larmor precession       : Presisi Larmor ; Partikel bermuatan yang bergerak berputar pada medan magnet H mempunyai frekwensi sudut sebesar :
396.          Laser stasionary state : Keadaan stasioner laser; Suatu keadaan yang sedemikian rupa sehingga laser dapat memancarkan cahaya terus-menerus
397.          Laser threshold           : Tenaga pemompaan minimum yang diperlukan untuk memulai kerja laser
398.          Lateral                         : dalam arah melintang/melebar.
399.          Lava                            : Cairan massa berpijar yang keluar dari gunung api.
400.          Law                             : Hukum.
401.          Layer                           : Lapisan.
402.          Lenz's law                   : Hukum Len'z;Bila pada suatu kumparan terjadi perubahan arus listrik , maka akan timbul GGL yang akan melawan medan magnet yang timbul.
403.          Leo                              : Singa. Suatu rasi zodiak, terletak di langit belahan utara. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Agustus hingga pertengahan September. Bintang paling terang di Leo ialah Regulus. Setiap Nopember, hujan meteor Leonid menyinar dari rasi tersebut.
404.          Libra                            : Timbangan. Sebuah rasi zodiak yang tidak menarik perhatian, terletak di Belahan Selatan. Matahari melewati rasi ini selama bulan Nopember.
405.          Lifetime                      : Waktu hidup; Waktu rata-rata, yang selama itu suatu sistem, seperti atom, inti atom. Atau partikel elementer, berada dalam bentuk tertentu; bagi radionuklida atau atom-atom yang tereksitasi, waktu tersebut adalah kebalikan dari tetapan peluruhan, disebut juga umur rata-rata (average life, mean life)
406.          Line                             : Garis. Istilah yang berhubungan adalah linear yang berarti berkaitan dengan pengertian garis atau garis lurus, misalnya : Linear expansion padanan katanya muai linier atau muai panjang , berarti pemuaian benda pada arah panjang benda atau memanjang. Linear velocity padanan katanya kecepatan linier , berarti kecepatan yang didasarkan kepada lintasan (panjang) yang ditembuh benda. Linear function padanan katanya fungsi linier . Hubungan antara dua buah besaran disebut sebagai fungsi linier, jika grafik fungsi kedua besaran tersebut berbentuk garis lurus.
407.          Line Width                  : Lebar Garis; Rentang (jangkau) panjang gelombang atau frekuensi pada spektrum garis karena efek doppler atau tekanan
408.          Linewidth of a Laser : Lebar Garis Laser; Ukuran tinggi rendahnya derajat kemonokromatisan sinar laser, biasanya dinyatakan dalam dan , misal untuk daerah cahaya tampak
409.          Lintang                        : Latitude. Simpangan sudut sebeleh utara atau selatan dari katulistiwa bumi, diukur sepanjang meridian tempat tersebut.
410.          Liquid drop model      : Model Tetes; Sifat inti atom yang dikaitkan dengan ukuran, massa, dan energi ikat mirip yang terdapat dalam tetes cairan
411.          Liquids                        : Zat cair.
412.          Litosfer                       : Lapisan kerak bumi paling luar, ketebalannya sekitar 80 km, terletak di atas astenosfer.
413.          Load                            : Sebagai kb berarti beban dan sebagai kk berarti membebani.
414.          Local                           : Setempat, atau disekitar suatu tempat.
415.          Locate                         : Menentukan tempat
416.          Low energy atomic transition : Transisi atom energi rendah; Transisi elektron pada tingkat-tingkat yang berenergi rendah
417.          lubang hitam               : Black hole. Daerah di sekeliling bintang yang telah runtuh. Gravitasinya sedemikian kuat sehingga tidak ada sesuatupun yang dapat lolos, termasuk cahaya sekalipun.
418.          Lyra                             : Berasal dari sebutan semacam harpa kecil, ialah sebuah rasi kecil di langit utara. Bintangnya yang paling terang ialah Vega. Anggota lainnya adalah Lyrae, sebuah bintang Pasangan Pemudar yang terkenal. Epsilon Lyrae terkadang dinamakan 'ganda-ganda', ialah sekelompok empat bintang yang dihubungkan dengan gravitasi. Nebula Cincin dalam Lyra ialah sebuah Nebula Planet yang terkenal.
419.          Mach Number             : Bilangan mach, perbandingan antara laju sebuah benda (khususnya pesawat udara) dengan laju (besar kecepatan) bunyi di udara.
420.          Machine                      : Mesin, berarti alat yang menggunakan suatu bentu energi tertentu untuk melakukan suatu usaha.
421.          Magnet                        : Magnet; Bahan yang bisa menghasilkan medan magnet .
422.          Magnetic dipole transition : Transisi dwikutub magnet; Transisi antara dua tingkat energi yang dapat terjadi bila selisih bilangan kuantum magnetik Dm = 1,0
423.          Magnetic field             : Medan magnet ; Medan yang dihasilkan oleh adanya arus listrik. A) magnetic field source : sumber medan magnet ; medan magnet yang dihasilkan tergantung sumbernya seperti pada gambar di bawah :
424.          Magnetic moment       : Momen magnet(m); besaran vector dengan arah tegak lurus terhadap loop arus besarnya =I.A
425.          Magnetic moment spin quantum number : Bilangan kuantum momen magnetik spin; Bilangan kuantum (ms) yang harus dipenuhi agar terjadi konfigurasi elektron dalam atom mantap, yaitu ms = ½
426.          Magnetic Permeability
427.          Magnetic quantum number : Nilai eigen komponen operator momentum sudut pada arah tertentu, dalam satuan
428.          Magnetization             : Magnetisasi; Banyaknya momen dipol magnet persatuan volume.
429.          Magnetostatics field   : Medan magnetostatis ; Medan magnet yang besarnya tidak berubah terhadap waktu.
430.          Magnitude                   : besarnya.
431.          Magnitude                   : Satuan kecerlangan bintang. Skala terang ini bersifat logaritmis, sesuai dengan sifat mata manusia. Pada zaman Yunani kuno, Ptolemeus membagi terangnya penampakan bintang di langit menjadi6 tingkat (magnitudo). Bintang yang paling terang diberikannya magnitudo 1, dan bintang yang paling lemah (yang bisa dilihat mata manusia) magnitudo 6. Kemudian Pogson merumuskan magnitudo ini secara matematis. Bintang dengan magnitudo 1 memiliki kecerlangan100 kali bintang bermagnitudo 6. Ini untuk menyesuaikan dengan penyekalaan oleh Ptolemeus di atas. Bintang yang memiliki perbedaan 1 magnitudo, akan memiliki perbedaan kecerlangan sebesar 2,512 kali
432.          Magnitudo mutlak      : Ukuran kecerlangan bintang yang sebenarnya, yaitu kecerlangan bintang sebagaimana nampak dari Bumi, pada jarak 10 parsek (32,6 tahun cahaya). Magnitudo mutlak sebuah bintang tergantung dari besar dan suhunya.
433.          Magnitudo tampak      : Kecerlangan bintang atau benda langit lain sebagaimana yang terlihat di langit oleh kita. Magnitudo tampak tergantung dari jaraknya dari kita. Semakin dekat, nampak semakin terang. Perbedaan antara magnitudo tampak dan magnitudo mutlaknya menunjukkan jarak bintang tersebut.
434.          Makro -                       : Makro - awalan untuk menyatakan dalam ukuran besar atau terukur.
435.          Manometer                  : Manometer, alat berbentuk pipa U yang digunakan untuk mengukur tekanan gas (dalam ruang tertutup) dan zat cair.
436.          Mantel                         : Daerah lapisan pertengahan bumi, dibawah kerak dan di atas inti. Kedalamannya sekitar 3500 km.
437.          Mass                            : Massa
438.          Mass spectographic analysis : Analisis spektograf massa; Penentuan massa atom yang didasarkan pada pemisahan atom sesuai dengan massanya melalui gabungan medan listrik dan medan magnet
439.          Matahari                      : Bintang induk kita. Jauhnya hampir 150 juta km. Matahari adalah bintang berukuran sedang, bergaris tengah 1,4 juta km dan tersusun sebagian besar dari gas hidrogen dan helium. Matahari membangkitkan cahaya dan panas di pusatnya dengan reaksi nuklir. Diedari keluarga 9 buah planet, termasuk Bumi kita.
440.          Matter                         : Materi, zat, sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.
441.          Mean                           : Sebagai kk berarti arti, makna, dan sebagai kb (menyangkut nilai) berarti rata-rata.
442.          Measure                       : Sebagai kk berarti mengukur, sebagai kb berarti ukuran. Measurement berarti pengukuran.
443.          Mechanical                  : Mekanika, bersifat mekanika, artinya berkaitan dengan gerak benda massa (kelembaman) benda dan gaya yang bekerja pada benda, mechanical energi padanannya energi mekanik, berarti energi yang dimiliki oleh benda bermassa yang bergerak.
444.          Medium                       : Medium, sebagai kb berarti zat antara, dan sebagai ks berarti sedang atau menengah )tidak terlalu besar/tinggi dan tidak terlalu kecil/rendah)
445.          Mega                           : Mega, awalan untuk satuan yang nilai konversinya 106, misalnya 1 Megaherzt = 106 herzt atau biasa ditulis 1 MHz = 106 Hz.
446.          Membrane                   : Membran, berarti selaput tipis.
447.          Meniskus                     : Miniskus, berarti bentuk melengkung (cekung atau cembung) permukaan zat cair di dalam pipa kapiler
448.          Mercalli                       : Skala kualitatif kekuatan gempa berdasarkan besar dan jenis kerusakan yang diakibatkannya. Dinyatakan dengan huruf I, II, . . . , XIII.
449.          Meridian                      : Lingkaran besar yang melalui kutub langit utara (KLU) dan kutub langit selatan (KLS).
450.          Mesozoic                     : Sejarah geologi mulai dari akhir jaman paleozoic sampai permulaan jaman cenezoic. Secara umum dicirikan dengan hewan reptil.
451.          Metal                           : Logam
452.          Meteor                         : Partikel kecil dari antariksa yang terbakar karena gesekan dengan atmosfir Bumi. Terlihat sebagai kilatan cahaya yang biasa disebut "bintang jatuh". Sebagian besar meteor berasal dari sisa-sisa material dari komet. Apabila Bumi melintas pada jejak sebuah komet, maka kita di Bumi dapat melihat terjadinya hujan meteor.
453.          Meteorid                     : Gumpalan batu atau logam yang berhasil menembus atmosfir dan sampai ke Bumi. Sebuah meteorid biasanya menghantam permukaan Bumi dengan kecepatan yang sangat tinggi hingga membentuk sebuah kawah yang biasa disebut kawah meteorid.
454.          Method                       : Cara, metoda
455.          Metre                           : Mater, ukuran panjang, satuan besaran panjang dalam sistem satuan international.
456.          Metry _                       : Metri, akhiran yang memiliki arti berhubungan dengan cara pengukuran sesuatu besaran. Contohnya, calorimetry padanan katanya kalorimetri berarti pengukuran kalor atau suhu dengan menggunakan kalorimeter.
457.          Micro                           : Mikro Dapat berarti dalam ukuran kecil, atau berkaitan dengan benda-benda kecil, misalnya microscopic padanan katanya mikroskoik berarti meninjau atau mengamati suatu benda atau sistem berdasarkan pada bagian-bagian kecil dari benda atau sistem tersebut. Dapat juga berarti sebagai awalan untuk satuan yang mempunyai nilai konversi 10-6 misalnya 1 mikrofarad = 10-6 farad (satuan kapasitansi).
458.          Milli -                          : Mili, awalan untuk satuan yang mempunyai nilai konversi 10-3, misalnya 1 miliamper = 10-3 amper atau biasa ditulis 1 mA = 10-3 A.
459.          Mineral                        : Bahan anorganik, terbentuk secara alamiah dengan komposisi kimia yg tetap. Umumnya berbentuk hablur beraturan
460.          MKS System               : Sistem MKS, sistem satuan yang berdasarkan kepada satuan-satuan dasar meter untuk panjang, kilogram untuk massa, dan sekon untuk waktu.
461.          Modulation                 : Modulasi, berarti pertistiwa atau proses penggabungan, pembauran atau penyatuan suatu gelombang dengan gelombang lain yang berbeda frekuensinya.
462.          Modulus                      : Modulus, berati tetapan yang menunjukkan perilaku atau reaksi dari suatu bahan jika dikenai suatu pengaruh dari luar.
463.          Molecular electronic state : Keadaan elektronik molekul; Tingkat energi yang dapat dihuni electron dalam suatu molekul
464.          Molecular oscillator     : Osilator molekul; Osilator yang tersusun oleh dua ataom atau lebih yang membentuk molekul
465.          Moment                       : Momen. Momen dari suatu besaran adalah ukuran pengaruh besaran tersebut pada perputaran suatu benda terhadap suatu tititik atau sumbu.
466.          Mono -                                    : Mono, awalan yang digunakan untuk menyatakan satu atau tunggal, misalnya monochromatic padanannya monokromatik terdiri dari satu macam warna, satu macam frekuensi atau satu macam panjang gelombang.
467.          Motor                          : Motor, cara untuk atau alat untuk mengubah energi dari suatu bentuk energi menjadi energi gerak.
468.          Move                           : Bergerak, berarti berubah posisi. Motion berarti gerakan.
469.          Mutual inductance      : Induktansi bersama ; Sifat dari dua buah kumparan yang berdekatan,sehingga bila pada salah satu kumparan terjadi perubahan arus ,maka akan terjadi GGL induksi pada kumparan yang lainnya.
470.          Nadir                           : Titik terendah pada bola langit, yang tepat berada di bawah pengamat. Pengamat pada lokasi yang berbeda akan memiliki nadir yang berbeda. Lawan dari nadir adalah zenith.
471.          Nebula                         : Sebuah massa debu dan gas dalam galaksi. Kabut bercahaya terdiri dari kelompok bintang. Beberapa nebula terang-benderang, bersinar karena bintang-bintang yang dikandungnya, seperti misalnya Nebula Orion. Yang lainnya suram seperti Kantong Arang
472.          Nebula kepiting           : Sebuah bercak gas berkilau dalam rasi Taurus. Sisa bintang yang meledak sebagai supernova. Di pusat nebula kepiting terdapat sebuah pulsar berkelap-kelip, teras kecil bintang yang meledak. Nebula kepiting terletak sejauh 6.300 tahun cahaya.
473.          Nebula orion               : Awan gas dan debu yang jauhnya 1.500 tahun cahaya. Didalamnya terdapat bintang-bintang yang baru membentuk diri. Sebagian nebula tampak dengan mata telanjang sebagai bercak kabur berkilau menandai pedang Orion. Bintang yang baru terbentuk dalam jantung nebula membuatnya berkilau. Tetapi para ahli astronomi radio telah mendeteksi pula sebuah awan suram yang lebih besar dibelakang bagian tampak, tempat bintang dilahirkan.
474.          Nebula planet              : Suatu kulit gas yang melalui teleskop kecil terlihat seperti cakram mirip planet. Sebenarnya ia sama sekali tak ada kaitannya dengan planet, diperkirakan lapisan luar bekas bintang raksasa merah. Lapisan tersebut mengambang ke antariksa meninggalkan teras bintang berupa bintang kerdil putih.
475.          Neutron                       : Netron ; Partikel tidak bermuatan dan masanya sama dengan proton .Netron terdapat dalam inti atom dan julahnya sama dengan berat atom dikurangi nomor atom.
476.          Neutron scattering      : Hamburan Neutron; Perubahan arah lintasan neutron yang disebabkan oleh benturannya dengan inti atom dalam materi
477.          Node                           : Simpul, titik dengan simpangan noil sebagai hasil interferensi atau superposisi dari dua atau lebih gelombang.
478.          Normal                        : Normal, dapat berarti keadan yang biasa, berkaitan dengan arah tegak suatu garis lurus atau lurus permukaan bidang datar, berkaitan dengan arah tegak lurus garis singgung dari suatu garis lengkung atau permukaan bidang lengkung.
479.          Nova                           : Bintang yang meledak, menyala lebih terang dari 10.000 kali dalam sehari, sebelum memudar lagi selama jangka mingguan atau bulanan. Nova diperkirakan merupakan sistem bintang ganda dimana gas mengalir dari satu bintang ke kerdil putih pasangannya. Gas tersebut menyulut dan terlempar dari kerdil putih, menyebabkan letupan terang.
480.          Nuclear atom               : Atom berinti; Struktur atom mempunyai inti yang rapat dan bermuatan positif yang terdiri atas sejumlah neutron dan proton dan dikelilingi oleh sejumlah elektron bermuatan negatif yang sama dengan jumlah protonnya.
481.          Null                             : Nol, tidak ada (nilainya)
482.          Number                       : Angka. Nomor, jumlah.
483.          Numerator                   : pembilang dari suatu pecahan.
484.          Numerical                    : Menurut jumlahnya.
485.          Observe                       : Mengamati, Kb yang berkaitan adalah observation padannya observasi yang berarti pengamatan, dan observer yang padanannya pengamat yang berartti orang yang malkukan atau pelaku pengamatan.
486.          Octopole
487.          Oersted                       : Oersted; satuan kuat medan magnet dalam cgs.
488.          Ohm's                          : Ohm ; satuan tahanan listrik. 1)Ohmmeter : Alat untuk mengukur besarnya tahanan listrik. 2) Ohms'slaw: hukum Ohm; hukum ohm menyatakn bahewa rapat arus sebuah bahn sebanding dengan medan listrik pada bahan tersebut kesebandingannya dinatakan oleh konstata conduktifitas bahan tersebut . Atau ditulis dalam bentuk persamaan
489.          Operator                      : Operator; Sesuatu yang mengubah vektor menjadi suatu vektor yang lain (dari sebelum pengukuran sampai sesudah pengukuran); biasanya di atas huruf/abjad tersebut ditambahkan tanda “topi” .
490.          Oposisi                        : Opposition. Posisi planet superior pada meridian pengamat saat tampak tengah malam. Posisi planet superior, bumi, dan matahari, terletak pada garis lurus.
491.          Orbit                            : Orbit, berarti lintasan tertutup (biasanya berbentuk elips atau lingkaran) dari sebuah benda yang bergerak mengelilingi atau mengadari benda lain. Orbital berarti berkaitan dengan orbitnya.
492.          Orbital angular momentum quantum number : Bilangan kuantum momentum sudut orbit; Bilangan ( l ) yang menyatakan besar nilai mutlak momentum sudut edar L menurut persamaan dan banyaknya orientasi L menurut persamaan , serta yang dihubungkan dengan bilangan kuantum utama, menurut hubungan = 0,1,2,...n -1
493.          Orbital quantum number : Bilangan kuantum orbital; Bilangan bulat ( ) yang berhubungan dengan momentum sudut orbit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum utama n adalah= 0,1,2,...n - 1
494.          Orientation                  : Orientasi, berarti arah yang dituju atau kedudukan relatif suatu benda terhadap benda lain.
495.          Origin                          : Asal, asli, titik asal, asal mula.
496.          Orion                           : Sebuah rasi besar di daerah khatulistiwa langit. Namanya diambil dari pemburu dalam mitologi Yunani. Bintangnya yang paling terang adalah Betelgeuse dan Rigel. Tiga bintang merupakan Sabuk Orion yang khas. Banyak bintang di Orion yang relatif muda karena Orion merupakan tempat pembentukan bintang, khususnya di Nebula Orion.
497.          Oscilate                       : Bergetar, berayun, berarti bergerak bolak balik di sekitar sebuah titik tetap atau titik seimbang tertentu, dapat juga berarti berubah harga atau nilai suatu besaran antara sebuah harga atau nilai p[ositif dan harga atau nilai yang negatif. Oscilation padanan katanya adalah osilasi atau getaran , oscilator padanannya adalah osilator berarti alat yang dapat menghasilkan atau menimbulkan getaran (baik listrik, magnetik ataupun mekanik). Osciloscope padanan katanya adalah osiloskop, berarti alat yang (layarnya) dapat menampilkan osilasi dari suatu sistem osilasi (mekanik atau listrikmaknit) dengan terlebih dahulu mengubahnya ke dalkam bentuk osilasi(tegangan atau arus) listrik.
498.          Pair production           : Pembentukan pasangan; pembentukan secara spontan sebuah positron dan sebuah elektron dari suatu foton, ini terjadi untuk suatu foton sinar berenergi tinggi(> 1,02 MeV) lewat dekat suatu inti atom perubahan suatu foton menjadi sebuah elektron dan sebuah positron jika foton tersebut melintasi medan listrik yang kuat, seperti yang berada di sekeliling suatu inti atau elektron
499.          Paleozoic                     : Sejarah geologi mulai dari akhir jaman prekambium (600 juta tahun yang lalu) sampai permulaan jaman mesozoikum.
500.          Paradok                       : Paradok, berarti penampakan atau penampilan yang nampak (seolah-olah padahal sebenarnya tidak) bertentangan dengan aturan atau hukum yang biasa berlaku.
501.          Paralaks                       : Pergeseran posisi benda, dengan latar belakang yang jauh, karena dilihat dari dua tempat berbeda. Bintang menunjukkan suatu paralaks kecil jika dilihat dari sisi berlawanan pada garis edar bumi. Besarnya paralaks tergantung dari jaraknya; bintang yang dekat menunjukkan paralaks yang besar. Dengan mengukur paralaks bintang, para ahli astronomi dapat menghitung jaraknya. Hanya bintang yang lebih dekat dari 100 tahun cahaya yang menunjukkan pergeseran cukup besar untuk diukur secara tepat. Bintang 61 Cygni merupakan bintang yang pertama diukur paralaksnya pada tahun 1838 oleh ahli astronomi Jerman, Wihelm Bessel (1794-1846).
502.          Parallax                       : Paralaks, pergeseran letak sebuah benda (biasanya adalah skala pada alat ukur) karena perubahan posisi memandang benda (skala) tersebut.
503.          Parallel                        : Paralel, sejajar, berjajar, dapat diartikan posisi yang berjajar, atau peristiwa yang bewrlangsung bersamaan waktunya, atau pada ranmgkaian listrik berarti rangkaian pembagi kuat arus.
504.          Paramagnetism            : lihat magnet.
505.          Parsec                          : Suatu ukuran jarak didalam astronomi yang berpatokan pada jarak dimana bintang menunjukkan paralaks sebesar 1 detik busur. Satu parsec sama dengan 3,26 tahun cahaya
506.          Particle                        : Partikel, secara umum berarti benda yang ukurannya (bagi mata telanjang) sangat kecil seperti misalnya elektron, atom, molekul dan sebagainya, sedangkan dalam mekanika dapat berarti sebuah benda yang ukuran(geometrik) nya diabaikan, dianggap sebagai benda titik yang berimpit dengan pusat massa benda tersebut sedangkan massanya tidak diabaikan.
507.          Pasangan pemudar      : Pasangan bintang yang saling mengedari, satu bintang secara berkala terlihat dari bumi seolah-olah lewat didepan yang lain. Pemudaran demikian menyebabkan jumlah cahaya yang kita lihat menjadi melemah, sehingga kecerlangan bintang terlihat berubah-ubah. Pasangan pemudar yang pertama ditemukan adalah Algol.
508.          Pascal                          : Pascal, diambil dari nama seorang ahjli fisika Blasé Pascal, berarti satuan besaran tekanan yang nilainya sama dengan newton/m2.
509.          Path                             : Jejak, lintasan, berarti jalan yang dilalui atau ditempuh.
510.          Pauli Principle             : Asas Pauli [Pauli exclusion principle = asas eksklusi Pauli]; Kedudukan elektron dalam atom adalah sedemikian rupa sehingga tidak ada dua elektron yang tepat mempunyai bilangan kuantum yang sama, akibatnya untuk fungsi gelombang banyak fermion identik harus berganti tanda bila koordinat-koordinat (termasuk koordinat spin) setiap pasangan identik itu saling saling dipertukarkan
511.          Pendulum                    : Bandul.
512.          pergeseran merah        : Red Shift. Ialah suatu pemanjangan panjang gelombang cahaya yang diterima dari benda yang menjauh, disebabkan oleh Efek Doppler. Derajat pergeseran merah mengungkapkan kecepatan gerak benda tersebut. Penemuan pergeseran merah dalam cahaya dari galaksi jauh mengungkapkan bahwa alam semesta sebenarnya mengembang.
513.          Perihelion                    : Titik terdekat dalam garis edar suatu benda langit mengelilingi Matahari. Kebalikan dari Perihelion adalah Aphelion.
514.          Period                          : Perioda, berarti selang waktu yang tetap, biasanya digunakan untuk menyatakan selang waktu yang dibutuhkan oleh satu kali dari sekian kali peristiwa yang berulang beraturan (misalnya getaran). Istilah yang berkaitan adalah periodic padanan katanya adalah periodik atau berkala.
515.          Permalloy                    : Permalloy;Alloy yang sering digunakan untuk bahan magnet terdiri dari campuran besi dannikel . Permalloy mempunyai sifat permeabilitas yang tinggi, tergantung pada proporsi nikel .
516.          Permanent magnet      : Magnet permanen ; Bahn magnet yang arah dipolnya sejajar walaupun medan luarnya kita hilangkan . Bahan tersebut biasanya mempunyai harga remanen dan koersifitas yang besar.
517.          Permeability                : Permeabilitas: Sifat bahan magnet pada keadaan tertentu dan merupakan perbandingan anatarinduksi magnet B dan intensitas magnet H.
518.          Permendur                   : Permendur; Alloy magnet yangmempunyai permeabilitas yang tinggi bila dalam keadaan jenuh , alloy tersebut terdiri dari campuran kobal dan besi.
519.          Permittivity                 : Permitivitas ; Suatu konstanta dalam medium isotropik dan merupakan perbandingan antara Medan pergeseran listrik D dengan medan listrik E.
520.          Perseus                        : Sebuah rasi menonjol di langit belahan utara. Namanya diambil dari seorang pahlawan mitologi Yunani. Perseus terletak di bagian padat Bima Sakti. Bintangnya yang terkenal adalah Algol. Setiap bulan Agustus, suatu hujan meteor lebat, Para Perseid, menyinar dari rasi ini.
521.          Phasor Diagrams         : Diagram fasor ; Diagram yang menggambarkan hubungan antara arus dan tegangan. Adapun hubungan nya seperti :
522.          Phenomena                  : Fenomena, gejala.
523.          Photoelectric current   : Arus fotolistrik; Arus yang disebabkan oleh efek fotolistrik
524.          Photoelectric effect     : Efek fotolistrik ; fenomena terlepasnya elektron dari permukaan logam bial logam tersebut diberi radiasi berupa sinar atau gamma
525.          Physical                       : Fisik, berarti secara fisika atau berkaitan dengan fisika.
526.          Piezzoelektric              : Piezo elektrik ( bahan ) ; Merupakan kristral dielektrik yang bisa menimbulkan tegangan listrik bila pada bahan tersebut diberi tekanan akibat terpolarisasinya bahan tersebut..
527.          Pisces                          : Ikan. Suatu rasi zodiak, terletak di daerah khatulistiwa langit. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Maret hingga pertengahan April. Matahari berada di Pisces ketika ia bergerak ke utara melintas khatulistiwa langit, menandai awal musim semi Belahan Utara(ekuinoks semi).
528.          Piston                          : Torak, adalah pengisap yang dapat bergerak bebas (namun tidak menyebabkan kebocoran) dalam sebuah silinder atau tabung.
529.          Planck’s Black Body Radiation Law : Hukum Radiasi Benda Hitam Planck;Hukum radiasi yang diungkapkan oleh Max Planck
530.          Plane                           : Bidang datar (tidak melengkung)
531.          planet dalam                : Planet-planet yang orbitnya di dalam orbit Asteroid. Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
532.          Planet inferior             : Planet-planet yang orbitnya di dalam orbit Bumi , Merkurius dan Venus.
533.          Planet jovian               : Planet-planet yang sifatnya seperti Yupiter. Densitasnya rendah, atmosfernya tebal, berotasi cepat, memiliki banyak satelit, banyak Hidrogen dan Helium
534.          Planet luar                   : Planet-planet yang orbitnya di luar orbit Asteroid. Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
535.          Planet superior                        : Planet-planet yang orbitnya di luar orbit Bumi. Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
536.          Planet terestial             : Planet-planet yang sifatnya seperti Bumi. Densitasnya tinggi, atmosfernya tipis, berotasi lambat, memiliki sedikit satelit, banyak batuan.
537.          Plate                            : p-apan, lempeng, berarti benda beripa bidang atau benda dua dimensi.
538.          Pleiades                       : Sekelompok bintang yang beranggotakan sekitar 2000 bintang di rasi Taurus, jaraknya 415 tahun cahaya. Dengan mata telanjang dapat dilihat 6 atau 7 bintang, karena itu nama populer kelompok tersebut adalah tujuh saudara (bintang tujuh). Pleiades relatif muda. Yang termuda diantaranya terbentuk dalam beberapa juta tahun silam.
539.          Point                            : Titik
540.          Point charge                : Point Charge ; Muatan titik ; Distribusi muatan yang dianngap berkumpul di suatu titik.
541.          Polar molecule : Molekur polar; molekur yang mempunyai dipol momen permanen ,bila pada bahan tersebut diberi medan listrik luar E, maka akan timbul torsi sehingga arah dipolnya akan mensejajarkan diri dengan arah medan listrik.
542.          polar wandering          : Pengembaraan Kutub. Titik kutub magnet bumi setiap saat berubahrubah, sehingga kutub magnet bumi nampak seperti mengembara dari waktu ke waktu.
543.          Polaris                         : Bintang Kutub. Bintang paling terang di rasi Ursa Minor. Disebut demikian karena letaknya hampir pada sumbu kutub utara, kira-kira1° dari kutub utara langit.
544.          Polarizability               : Polarisabilitas: Banyaknya dipol listrik persatuan voluma.
545.          Polarization
546.          Polusi                          : Pencemaran lingkungan karena adanya bahan-bahan yang menyebabkan lingkungan tidak bersih
547.          Poly -                           : Poli -, awalan yang digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak, misalnya polychromatic padanan katanya adalah polikromatik yang artinya adalah terdiri dari banyak warna (banyak frekuensi atau banyak panjang gelombang).
548.          Polyatomic molecule   : Molekul beratom banyak; Molekul dengan tiga atau lebih atom, disebut juga molekul poliatom
549.          Population Inversion   : Inversi Populasi;Keadaan dengan aras (tingkat) energi yang lebih tinggi berpopulasi cukup besar dibandingkan dengan aras energi yang lebih rendah
550.          Position                       : Posisi, kedudukan. Dalam mekanika posisi berarti letak atau kedudukan suatu benda atau titik dalam sebuah kerangka acuan tertentu, Biasanya dinyatakan dengan sebuah vektor yang disebut vektor posisi yaitu sebuah vektor yang digambar dari titik acun ke benda atau titik tersebut.
551.          Potential                      : Potensial ; Potensial di suatu titik merupakan kerja persatuan muatan yang diperlukan untuk memindahkan muatan tersebut dari tak terhingga ke titik tersebut.
552.          Potential energy          : Energi potensial, tenaga potensial, berarti energi yang dimiliki oleh suatu benda atau sistem yang dipengaruhi oleh suatu gaya yang besarnya bergantung kepada kedudukan benda atau sistem itu.
553.          Potential energy          : Energi potensial ;Energi potensial ; kerja yang diperlukan untuk membawa dari dari suatu titik referensi tanpa mengubah energi kinetiknya.
554.          Pound                          : Satuan untuk besaran massa, biasa disingkat dengan lb dan nilainya 1 lb =0,4535 kg.
555.          Power                          : Dalam fisika padanan katanya adalah daya yang berarti usagha atau energi pada tiap satu satuan waktu. Dalam matematika berarti pangkat dari suatu bilangan, misalnya x to the power of 2 adalah x2.
556.          Power Supply              : Sumber tegangan ; Alat uyang bisa menghasilkan gaya listrik.
557.          Precession                   : Presisi. Dalam mekanika gerak presisi berarti gerak rotasi terhadap sebuah sumbu yang juga berotasi terhadap sumbu tetap tertentu.
558.          Predict                         : Meramalkan. Kb yang berkaitan adalah prediction yang berarti ramalan .
559.          Press                            : Menekan. Kb yang berhubungan adalah pressure yang padanan katanya adalah tekanan dan dalam fisika didefinisikan sebagai gaya pada tiap satu satuan permukaan yang tegak lurus terhadap gaya tersebut.
560.          Principle                      : Asas, prinsip. Sebagai contoh ada istilah uncertainty principle yang kata padanannya adalah prisnsip ketidakpastian atau asas ketidakpastian. Prinsip ini dikemukakan oleh Haisenberg yang menyatakan bahwa : hasil perkalian antara ketidakpastian (kesalahan pengukuran) momentum suatu partikel (DP) dan ketidakpastian (kesalahan pengukuran) posisi partikel itu nilainya mendekati tetapan Planck (h).
561.          Project                         : memproyeksikan, melemparkan/menembakkan. Kb yang berhubungan adalah projection yang berarti memproyeksikan.
562.          Projectile                     : Peluru atau benda yang ditembakkan atau dilemparkan.
563.          Prominensa                  : Awan gas panas yang keluar dari permukaan matahari, berhubungan dengan medan magnet kuat. Beberapa prominensa berbentuk lengkung dan dapat bertahan selama berminggu-minggu. Yang lainnya sering berhubungan dengan suar/flare, melejit ke langit dengan kecepatan hingga 1.000 km per detik.
564.          Propagate                    : Merambat. Kb yang bersangkutan adalah propagation yang berarti rambatan, yang dalam fisika digunakan untuk menyatakan gerak maju gelombang.
565.          Proportion                   : Perbandingan, perimbangan.
566.          Pseudo -                      : Pseudo - , awalan yang digunakan untuk menyatakan atau memberi arti semu (bukan sebenarnya) pada kata/istilah yang mengikutinya, namun memiliki sifat-sifat yang sama dengan kata/istilah tersebut.
567.          Pull                              : Menarik, artinya memberikan gaya arah ke belakang / mundur (bagi si penarik).
568.          Pulsar                          : Singkatan dari pulsating radio star, yaitu sumber radio yang berdenyut dengan cepat. Diperkirakan berupa sebuah bintang neutron berputar yang memancarkan radiasi seperti pancaran mercu suar. Pulsar ditemukan oleh ahli astronomi radio cambridge, Anthony Hewish dan asistennya Jocelyn Bell dalam tahun 1967.
569.          Purnama                      : Fase bulan penuh, bulan tampak sebagai lingkaran penuh. Terjadi saat pertengahan bulan.
570.          Push                            : Mendorong, artinya memberikan gaya areah ke depan / mjaju (bagi si penarik).
571.          Quadrupole
572.          Quality                                    : Mutu, kualitas. Ks yang bersangkutan adalah qualitative yang padanan katanya adalah kualitatif dan berarti menyatakan sesuatu atau hubungan antara dua buah besaran secara verbal tanpa menyebutkan nilai atau besarnya.
573.          Quantity                      : Jumlah, banyaknya sesuatu, kuantitas. Ks yang bersangkutan adalah quantitative yang padanan katanya adalah kuantitatif yang berarti menyatakan sesuatu atau hubungan antara berbagai besaran dengan menyebutkan besar atau nilainya.
574.          Quantization               : Kuantisasi ; Suatu keadaan dimana harga suatu besaran fisis terbatas pada sebuah harga besaran yang diskrit .
575.          Quantum state             : Keadaan kuantum [lihat : Energy eigen-function = fungsi eigen energi (swa fungsi energi); eigen-state = keadaan eigen (swa keadaan)]; Fungsi eigen (swa fungsi) operator Energi atau Hamiltonian dalam mekanika kuantum sehingga energi memiliki nilai stasioner yang tertentu (pasti)
576.          Quasar                         : Suatu benda langit amat cemerlang yang sangat jauh, diperkirakan merupakan pusat sebuah galaksi yang tengah membentuk. Quasar sedemikian kecilnya sehingga nampak sebagai bintang di teleskop terbesar sekalipun, tetapi ia melepaskan energi ribuan kali energi yang dilepaskan oleh galaksi seperti Bima Sakti kita. Mungkin bertenagakan gas yang jatuh kedalam lubang hitam raksasa dipusatnya. Quasar memiliki pergeseran merah yang terbesar diantara benda-benda langit lainnya. Dari beberapa ratus kuasar yang telah dikenali, yang terjauh diperkirakan berjarak sekitar 16 milyar tahun cahaya.
577.          Radius                         : Jari-jari lingkaran, jari-jari kelengkungan. Ks yang bersangkutan adalah radial yang padanan katanya adalah radial dan berarti menurut arah yang berimpit dengan jari-jari lingkaran/kelengkungan baik menuju ataupun menjauhi pusat kelengkungan.
578.          raksasa merah              : Red Giant. Bintang yang lebih besar dari pada matahari, dengan suhu permukaan yang lebih rendah. Diperkirakan terbentuk bila bintang mengembang pada akhir kehidupannya. Matahari diperkirakan akan menjadi raksasa merah, seperti Arcturus, sekitar lima milyar tahun yang akan datang.
579.          Range                          : Rentang, daerah jangkauan.
580.          Rasi                             : Pola bintang di langit. Orang Yunani Kuno menamakan banyak rasi dengan pahlawan mitologi mereka. Sejak itu telah ditambahkan rasirasi lainnya sehingga kini dikenal sebanyak 88 buah rasi.
581.          Rate                             : Laju, berarti perubahan nilai suatru besaran pada tiap satu satuan waktu.
582.          Ratio                           : Pikiran, perbandingan/perimbangan.
583.          Rayleigh-Jeans Radiation Law : Hukum Radiasi Rayleigh-Jeans;Hukum radiasi yang diturunkan berdasarkan elektrodinamika klasik dan diungkapkan dengan rumus; dengan = rapat energi radiasi spektral dalam selang antara l dan l + dl; h = tetapan Planck; c = kecepatan cahaya; k = tetapan Boltzmann; T = suhu mutlak benda yang beradiasi
584.          Reaction                      : Reaksi, berarti aksi balik, yaitu gaya atau gerak dengan arah yang berlawanan dengan arah gaya atau gerak yang menyebabkannya.
585.          Rectangle                    : Empat persegi panjang.
586.          Rectilinear                   : Sejumlah garis lurus, berarti menurut garis-garis lurus atau terdiri dari sejumlah garis lurus.
587.          Reduce                                    : Mengurangi, memperkecil.
588.          Regular                        : Teratur, berarti memenuhi atau menurut aturan tertentu.
589.          Reklamasi                    : Reclamation. Pengembalian tanah dan nilai lingkungan hidup terhadap daerah pertambangan setelah mineral diambil. Proses tersebut meliputi restorasi tanah tersebut kepada kualitas asal yang hampir mendekati, dengan cara merestorasi tanah atas dan menanam rumput asal.
590.          Relation                       : Hubungan
591.          Relative                       : Relatif, berarti ditinjau atau diukur terhadap besaran/sistem/acuan lain. Sebagai contoh, relative velocity padanan katanya adalah kecepatan relatif , berarti kecepatan suatu benda atau sistem terhadap benda atau sistem lain.
592.          Relativitic                    : Relativistik, kata ini digunakan sebagai kata depan dari sebuah besaran untuk menyatakan bahwa besaran tersebut diberi nilai dengan memperhitungkan kecepatan gerak benda terhadap si pemberi nilai y6ang bersangkutan.
593.          Resistance                   : Resistansi ; perbandingan antara tegangan dengan arus listrik yang mengalir.
594.          Resistivity                   : Resistivitas (r ); Suatu besaran dari resistan yang bergantung pada jenis material yang digunakan dan besarnya tidak tergantung pada ukuran geometris bahan.Dalam bentuk persamaan ditulis :
595.          Resistor
596.          Resonance                   : Resonansi, berarti keadaan pada saat suatu benda atau sistem bergetar atau berosilasi dengan simpangan maksimum karena menerima pengaruh/gaya dari luar yang bekerja dengan frekuensi sama dengan frekuensi alamiah benda atau sistem tersebut.
597.          Resonance scattering  :Hamburan resonan; Puncak pada kurva tampang lintang suatu inti untuk hamburan elastis neutron versus energi neutron, pada energi-energi dekat aras resonansnya, dibarengi dengan pergeseran fase anoma pada neutron terhambur tersebut
598.          Richter                                    : Skala kuantitatif kekuatan gempa berdasarkan energi yang dilepaskannya, dari satu sampai delapan koma enam.
599.          Rigel                            : Salah satu bintang di rasi Orion, merupakan sebuah bintang superraksasa biru dengan massa 17 kali massa Matahari dan jaraknya 775 tahun cahaya. Rigel sesungguhnya adalah sebuah bintang ganda. Ia memiliki pasangan yang mengedarinya dalam jarak 50 kali jarak Pluto ke Matahari.
600.          Right-hand rule           : Aturan tangan kanan ; Suatu cara untuk mengetahui arah arus dan medan magnet yang timbul atu hubungan arah medan magnet ,arus listrik terhadap gaya Lorentz. A) Untuk medan magnet, bila ibu jari menunjukan arah arus,maka medan magnetnya melingkar dengan arah nya sesuai dengan jari jari lain bila dikepalkan. b)Gaya Lorentz : Bila jari tengah searah dengan arus , maka telunjuk menunjukan arah medan magnet dan ibu jari menunjukan arah gaya lorentz.
601.          Rocket                         : Roket, pesawat udara atau pesawat ruang angkasa yang bergerak dengan memanfaatkan tenaga dorong yang dihasilkan dari semprotan gas dari pembakaran bahan bakar di dalam tubuh roket. Semprotan gas tersebut disemburkan ke arah belakang sehingga roket memperoleh tenaga dorong ke depan.
602.          Rool                            : Menggelinding
603.          Root                            : Akar, berarti pangkat setengah dari suatu bilangan atau persamaan. Istilahistila yang berkaitan misalnya adalah Root square yang padanan katanya akar pangkat dua, root cube yang padanan katanya akar pangkat tiga, dan root mean square yang padanan katanya adalah akiar rata-rata pangkat dua.
604.          Rotation                      : Rotasi, gerak berputarnya sebuah benda terhadap sebuah sumbu putar tetap yang melalui dirinya sendiri.
605.          Rumpun local              : Local Group. Gugus galaksi dimana Galaksi Bimasakti berada. Rumpun Lokal ini bergaris tengah sekitar 6.199.598,336 tahun cahaya dan beranggotakan sekitar 30 buah galaksi.
606.          Rutherford Scattering : Hamburan Rutherford; [lihat hamburan Coulomb]; Hamburan partikel bermuatan kuat oleh medan coulomb suatu inti atom
607.          Sabit                            : Fase awal bulan baru, disebut demikian karena bentuknya menyerupai sabit. Sering juga disebut dengan hilal.
608.          Sagitarius                    : Pemanah. Rasi di zodiak yang terletak di belahan langit Selatan. Matahari melewati rasi ini sebentar pada akhir Nopember. Salah satu bintangnya ialah yang pertama dikenal sebagai sebuah bintang ganda.
609.          Saturated inversion     : Inversi Jenuh; Keadaan yang bersangkutan dengan selisih cacah (jumlah) hunian atom dalam laser
610.          Saturation                    : Kejenuhan ; Suatu keadaan sebuah komponen ,sirkuit atau sistem , bila diberi suatu perlakuan,tidak ada pengaruhnya. A) Magnet ; dala material magnet ,keadaan jenuh dicapai bila intensitas magnet H diperbesar , maka harga medan magnet B nya tidak beruberubah lagi karena semua dipol magnetnya sudah sejajar.
611.          Scalar                          : Skalar, besaran fisika yang memiliki besar dan tidak memiliki arah.
612.          Scalar
613.          Scale                            : Skala, batas awal dan akhir daerah atau rentang nilai suatu besaran pada alat ukur.
614.          Scattering of light       : Hamburan Cahaya; Hamburan cahaya yang terjadi dalam suatu ruang bermassa, meskipun tampak transparan (bening), sebagai akibat keanekaragaman jarak dan massa, yakni dari berkas mikroskopis hingga yang paling kecil(elektron), yang mengubah arah lintasan cahaya itu
615.          Scorpio                        : Kalajengking. Rasi di belahan langit selatan, bintangnya yang paling terang adalah Antares yang terlihat sebagai bintang berwarna kemerahan di "jantung" Scorpio. Matahari melewati rasi ini antara akhir Oktober dan pertengahan Nopember.
616.          Second                                    : detik, kedua.
617.          Secondary                   : Kedua, yang kedua, sekunder.
618.          Seismograf                  : Alat pencatat gempa, hasil pencatatannya disebut seismogram.
619.          Selection Rule             : Kaidah seleksi; Transisi atom dari suatu aras energi ke aras energi yang lain hanya dapat berlangsung bila selisih bilangan kuantum momentum sudut orbital dan bilangan kuantum magnetiknya memenuhi
620.          Self-inductance           : Induktansi diri ; Simbol L ; Sifat dari kumparan bahwa GGL induksi yang timbul , setara dengan perubahan arus pad kumparan tersebut Kesetaraannya dinyatakan dalam sebuah konstanta L atau ditulis :
621.          Semiconductor            : Semikonduktor ;Bahan konduktor listrik berupa padatan atau cairan ,dimana harga resistivitasnya antara metal dan insulator.
622.          Sesar                           :Fault Rekahan lapisan bumi disertai dengan gerak relatif antara bagian-bagiannya. Berdasarkan gerakannya dikelompokkan menjadi sesar normal, sesar naik, dan sesar geser.
623.          Shear stress                 : Shear stres atau stres geser, adalah stres pada sebuah benda yang disebabkan oleh gaya yang sejajar dengan permukaan benda tersebut.
624.          Singlet state                : Keadaan tunggal (keadaan singlet); Keadaan sistem elektron banyak dengan momentum sudut spin sama dengan nol (S=0)
625.          Sirius                           : Bintang paling terang di langit malam. Bintang putih panas jaraknya 8,7 tahun cahaya. Sirius diedari sebuah bintang pasangan kerdil putih sekali setiap 50 tahun.
626.          Size of electron           : Ukuran elektron, besar elektron; Ruji elektron klasik, dengan menganggapnya sebagai bola dan muatan elektron terdistribusi pada permukaan bola itu, besarnya sama dengan 2,8.1015 m
627.          Slip Selip, tergelincir
628.          Slope                           : Lereng, kemiringan. Dalan padanan kata yang kedua yaitu kemiringan yang dimaksud adalah kemiring dari sebuah grafik.
629.          Solenoid                      : Soloneida ; Kumparan lurus dan biasanya dapat menghasilkan medan magnet yang homogen; seperti pada gambar di bawah
630.          Solid                            : Zat padat, tidak berongga.
631.          Solstice                        : Titik balik Matahari, yaitu titik paling utara atau selatan yang dilalui Matahari dalam peredarannya (relatif dilihat dari Bumi). Matahari mencapai titik ini dua kali dalam setahun yaitu sekitar tanggal 21 Juni (titik balik utara, disebut summer solstice) dan 21 Desember (titik balik selatan, disebut winter solstice).
632.          Solution                       : Pemecahan, penyelesaian, jawaban.
633.          Sonic                           : sonik, kata ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan bunyi, misalnya supersonic yang padanan katanya supersonik adalah pesawat udara/angkasa yang bergerak dengan laju lebih besar dari laju bunyi di udara. Sound kata padanannya adalah bunyi.
634.          Source charge
635.          Spectral analysis          : Analisis spektral; Proses penguraian berkas radiasi untuk memperoleh distribusi energi menurut frekuensi
636.          Speed                          : laju, kelajuan berarti jarak atau panjang lintasan yang ditempuh oleh sebuah benda pada tiap satu satuan waktu. Speed termasuk ke dalam besaran skalar.
637.          Sphere                         : Bola. Ks yang bersangkutan adalah spherical yang padanan katanya adalah sferik atau sferis berarti mengandung atau memiliki sebagaian dari bentuk bola, atau bersifat sepertiu bentuk bola.
638.          Spica                           : Bintang paling terang di rasi Virgo, sistem bintang ganda beranggotakan dua bintang yang saling mengorbit dalam periode sekitar 4 hari. Bintang dengan magnitudo sebesar 1 ini terletak sejauh 260 tahun cahaya dari Bumi. Namanya berasal dari bahasa latin yang artinya "pucuk gandum".
639.          Spin                             : Spin ; 1) Electron spin : Spin elektron ;elektron yang berputar pada sumbunya.Konsep tentang spin elektron digunakan oleh Uhlenbeck dan Goudsmit untuk struktur halus dari spektrum atom .
640.          Square                         : pangkat dua, kuadrat, empat persegi panjang.
641.          Standard                     : Baku, standar, sesuatu besaran atau kejadian yang dianggap tetap dan digunakan sebagai patokan untuk menetapkan besar atau nilai besaran atau kejadian lain yang sejenis.
642.          Stasionary state           : Keadaan stasioner; Keadaan sistem yang secara eksplisit tidak bergantung pada waktu atau ; Keadaan dengan nilai energi yang pasti, yaitu berkaitan dengan tingkat energi tertentu.
643.          Steady current             : Arus mantap : arus listrik yang tidak berubah terhadap waktu.
644.          Strain                           : Strain, berarti perbandingan antara perubahan panjang. Luas, atau volume suatu benda dengan stress yang menyebabkannya.
645.          Strean line                   : Garis khayal yang dibuat sedemikian rupa pada aliran fluida sehingga setiap garis singgung pada setiap titik dalam garis khayal tersebut sama dengan arah kecepatan aliran fluida di titik itu.
646.          Stress                           : Stres, berarti gaya yang dialami oleh sebuah benda pada tiap satu satuan luas penampang benda itu.
647.          Suar                             : Flare. Letupan dari permukaan matahari, lazimnya berhubungan dengan bintik matahari. Suar melepaskan radiasi energi tinggi ke langit. Dapat menyebabkan gangguan gelombang radio dan menghasilkan suatu fenomena di atmosfer atas, yang dikenal sebagai Aurora.
648.          Subduksi                     : Subduction. Turun/masuknya satu lempeng kedalam lempeng lainnya karena saling bertumbukkan. Prosesnya berhubungan dengan munculnya palung laut, pegunungan, dan gempa tektonik.
649.          Superconductor
650.          Supernova                   : Ledakan cemerlang sebuah bintang besar pada akhir kehidupannya. Dalam sebuah supernova, bintang itu dapat menyala sampai beberapa juta kali kecerlangannya dari biasanya.
651.          Superposition              : Superposisi, berarti keadaan dimana dua atau lebih pengaruh sejenis bekerja pada sebuah benda atau sistem sehingga benda atau sistem tersebut menerima sebuah pengaruh baru sebagai gabungan (tumpangtindih) dari dua atau lebih pengaruh sejenis tersebut.
652.          Surface                        : Permukaan. Surface tension padanan katanya adalah tegangan permukaan berarti gaya pada tiap satu satuan panjang permukaan, atau energi pada tiap satu satuan luas permukaan zat cair. Tegangan permukaan ini yang menyebabkan suatu zat cair seolah-olah memiliki kulit yang menutupi seluruh permukannya.
653.          Surface
654.          Susceptibility              : Suseptibilitas; a) Dielectric susceptibility : suseptibilitas dielektrik ;simbol ; perbandingan antara polarisasi P dengan medan listrik E
655.          tahun chaya Satuan dasar ukuran jarak asronomi. Jarak yang ditempuh cahaya
656.          Taurus                         : Banteng/lembu jantan. Sebuah rasi zodiak di belahan langit utara. dalam satu tahun, setara dengan 9.460 milyar km.Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Mei hingga akhir Juni. Bintang paling terang dalam Taurus ialah Aldebaran. Rasi ini mengandung kelompok bintang Hyades dan Pleiades, serta Nebula Kepiting.
657.          Tektonik lempeng       : Plate tectonic. Suatu model yang membagi bumi menjadi beberapa bagian, yang mengapung di cairan matel. Secara garis besarnya dibagi menjadi lempeng samudra dan lempeng benua. Setiap bagian lempeng saling bergerak, bertumbukkan, atau bergeseran.
658.          Tesla                            : Tesla ; Satuan induksi magnet , 1 T = 1 Weber meter persegi .
659.          Thermocouple             : Thermocouple ;sistem yang terdiri dari dua buah konduktor yang tidak sejenis disambungkan sehingga dapat menghasilkan GGL akibat efek thermoelektris.
660.          Thomson scattering     : Hamburan thomson; Hamburan radiasi EM oleh partikel bermuatan yang bebas, yang diperhitungkan menurut teori non-relativistik klasik, yaitu : energi dilepas ketika partikel bermuatan tersebut dipercepat oleh medan listrik yang tegak lurus terhadap arah berkas partikel itu, meradiasi ke semua arah
661.          Torque                         : Torsi, momen gaya, yaitu sistem gaya yang memiliki kecendeerungan untuk menyebabkan rotasi pada benda atau sistem yang dikenainya.Momen gaya didefinisikan sebagai hasil perkalian silang (cross produce) antara vektor posisi dengan vektor gaya.
662.          Transfer                       : Sebagai kb berarti perpindahan dan sebagai kk berarti memindahkan.
663.          Transform                    : Berubah bentuk, atau mengubah bentuk. Transformation padanan katanya transformasi artinya perubahan bentuk, transformer padanan katanya transformator atau sering disebut trafo adalah alat untuk mengubah tegangan atau kuat arus listrik.
664.          Transformer                 : Transformer ; Peralatan listrik yang menggunakan induksi elektromagnetik sehingga bisa memindahkan energi listrik dari satu sirkuit ke sirkuit lain pada frekwensi yang sama , biasanya terjadi perubahan tegangan dan arus.
665.          Transient                     : Sesaat ; Biasanya untuk menggambarkan arus atau tegangan pada kapasitor atau induktor .
666.          Translation                  : Translasi, gerak atau perubahan posisi sebuah benda atau sistem dengan setiap titik pada benda atau sistem tersebut memiliki besar dan arah kecepatan yang sama.
667.          Travelling wave Gelombang merambat.
668.          Triplet state                 : Keadaan triplet; Keadaan elektronik suatu atom atau molekul dengan bilangan kuantum momentum sudut spin total sama dengan satu; Sembarang multiplet yang memiliki degenerasi tiga sub-keadaan [liha: degenerasi]
669.          Tube                            : Pipa, tabung.
670.          Tuning fork                 : garpu tala, sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan bungi dengan satu macam frekuensi tertentu.
671.          Un-                              : Awalan yang digunakan untuk menyatakan mengandung arti tidak atau anti misalnya unstable padanan katana anti stabil atau tidak stabil , berarti goyah atau tidak mantap, uncertain padanan katanya adalah tidak pasti.
672.          Uni-                             : Awalan yang digunakan untuk menyatakan mengandung arti satu atau tunggal, misalnya unify berarti menyatukan, uniform berarti mengandung satu macam bahan atau seragam, uniaxial crystal adalah kristal yang memiliki satu macam sumbu optik.
673.          Unit                             : Satuan, Unity berarti kesatuan atau berharga satu.
674.          Universal                     : Pengertian yang berhubungan atau berkaitan dengan alam semesta, berlaku umum.
675.          Unsaturated inversion : Inversi tak Jenuh; Keadaan yang bersangkutan dengan selisih cacah hunian atom dalam laser, yaitu(N -N ) yangsebenarnya ¹(N- N ) yang terpompa
676.          Ursa mayor                  : Beruang Besar. Sebuah rasi di belahan langit Utara. Ketujuh bintangnya yang paling terang bersusun berbentuk gayung, sering disebut sebagai bajak. Dua bintang gayung menunjuk ke Polaris. Bintang kedua di gagangnya dinamakan Mizar, mempunyai pasangan samar dinamai Alkor.
677.          Ursa minor                  : Beruang kecil. Sebuah rasi di Kutub Utara langit. Bintangnya yang paling terang adalah Polaris.
678.          Urutan utama              : Tahap stabil usia pertengahan dalam evolusi suatu bintang. Bintang-bintang urutan utama membakar hidrogen menjadi helium di pusatnya untuk menciptakan energi. Bila hidrogen habis, bintang keluar dari tahap urutan utama menjadi raksasa.
679.          Vacuum                       : ruang hampa udara, vacuous berarti hampa udara, evacuate berarti menghampakan atau mengosongkan.
680.          Value                           : Nilai. Kk yang bersangkutan adalah evaluate yang berarti menilai, Ks yang bersangkutan adalah valuable yang berarti bernilai (maksudnya bermutu tinggi), dan kb yang bersangkutan adalah evaluation yang berarti penilaian.
681.          variabel Cepheid         : Jenis bintang yang cahayanya berubah secara berkala seraya ukurannya mengembang dan menyusut. Nama itu diambil dari Delta Cepheid, bintang pertama dari jenis itu yang ditemukan.
682.          Variable                       : Sebagai kk berarti dapat berubah-ubah nilainya, dan sebagai kb berarti besaran atau kuantitas.
683.          Vector                         : Vektor, besaran (fisika) yang memiliki besar dan memiliki arah, contohnya antara lain, kecepatan, percepatan, gaya, impuls, momentum.
684.          Vega                            : Bintang paling terang di rasi Lyra, rasi kecil yang terletak di antara rasi Hercules dan Cygnus. Bintang dengan magnitudo 0.04 yang terletak sejauh 26 tahun cahaya ini merupakan bintang paling cemerlang nomor lima di langit malam. Karena pengaruh perubahan sumbu rotasi bumi, Vega diperkirakan akan menjadi bintang kutub 12.000 tahun mendatang.
685.          Velocity                      : Kecepatan, yaitu perubahan posisi pada tiap satu satuan waktu.
686.          Vernal equinox            : Ttitik tanjak naik. Titik potong tempat Matahari bergerak (pada bola langit) dari selatan ekuator ke utara ekuator. Sedangkan titik potong tempat Matahari bergerak dari utara ekuator ke selatan ekuator disebut titik tanjak turun atau autumnal equinox.
687.          Vibration                     : Getaran , vibrasi, berarti gerak bolak balik di sekitar sebuah titik keseimbangan tertentu. Kk yang berhubungan adalah vibrate yang berarti bergetar.
688.          Vibrational level          : Aras vibrasi [tingkat vibrasi]; Aras energi molekul atom dua atau atom banyak yang dicirikan oleh nilai tertentu energi vibrasinya
689.          Virgo                           : Perawan. Rasi zodiak yang terletak di daerah khatulistiwa langit. Matahari melewatinya dari pertengahan september hingga awal Nopember. Bintangnya yang paling terang adalah Spica.
690.          Viscousity                   : Viskositas, berarti kekentalan zat cair.
691.          Voltmeter                    : Voltmeter ; Alat untuk mengukur beda potensial antara dua titik dalam suatu sirkuit listrik .Dalam penggunaannya alat tersebut diapasangn parallel dengan sirkuit yang akan diukur
692.          Volume                       : Isi, volume, besar berarti besar ruang yang ditempat oleh suatu benda atau sistem.
693.          Watt Watt; daya yang diperlukan untuk melakukan kerja satu joul perdetik.
694.          Wave Function            : Fungsi Gelombang; Fungsi yang mendeskripsikan bahwa suatu elektron atau partikel keunsuran berperilaku sebagai gelombang; atau suatu fungsi yang memberikan peluang untuk menemukan partikel di suatu daerah, dalam pengukuran tentang kedudukan.
695.          Wien’s Displacement Law : Hukum Pergeseran Wien; [Hukum Radiasi Wien = Wiens Radiation Law]; Panjang gelombang yang berkaitan dengan puncak radiasi benda hitam merupakan suatu tetapan yang sama dengan lebih kurang 2898 kali hasil kali 1 mikrometer dan 1 kelvin
696.          Zenith                          : Titik tertinggi pada bola langit, yang tepat berada di atas kepala pengamat. Pengamat pada lokasi yang berbeda akan memiliki zenith yang berbeda. Lawan zenith adalah nadir.
697.          Zodiac                         : Pita 12 rasi yang depannya dilewati Matahari sepanjang tahun.
Sebagai kb berarti pengawasam, pengaturan, pengendalian. Afinitas elektron; [berkaitan dengan work function = fungsi usaha/fungsi kerja Energi yang terbebaskan bila suatu elektron terikat pada atom atau molekul, yaitu energi yang terbebaskan dalam proses: A + e = A- ; Afinitas elektron kebanyakan atom atau molekul adalah positif sehingga ion negatif sering sedikit lebih mantap dari pada yang netral
Ambang laser;
Bilangan kuantum magnetik [magnetic moment quantum number = bilangan kuantum momen magnetik];

















































































      .









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar